IBL

Los Angeles kembali berpesta. Dalam gelaran NFL Super Bowl LVI di SoFi Stadium, Inglewood, California, Amerika Serikat, Los Angeles Rams berhasil mengangkat trofi juara. Berhadapan dengan Cincinnati Bengals, Rams menang dramatis 23-20.

Rams sebenarnya memulai gim dengan baik. Mereka membuka keunggulan melalui touchdown dari Odell Beckham Jr. di kuarter pembuka. Pertahanan mereka pun solid dengan berhasil menahan drive dari Bengals. Bengals hanya mencetak tiga poin dari kick field goals (menendang).

Kuarter kedua pun dibuka langsung dengan touchdown kedua dari Rams. Kali ini koneksi antara Matthew Stafford dan Cooper Kupp menambah enam poin. Koneksi keduanya memang jadi kunci keberhasilan Rams sepanjang musim ini. 

Di sisa enam menit kuarter dua, Bengals mendapatkan touchdown pertama mereka melalui Tee Higgins. Menariknya, yang mengirimkan umpan untuk Higgins bukanlah quarterback mereka, Joe Burrow, melainkan running back Bengals, Joe Mixon. 

Situasi jadi cukup buruk untuk Rams setelah ini. Dua menit setelah kemasukan, Beckham Jr. harus ditarik keluar karena mengalami masalah pada lututnya. Ia mengalami cedera tanpa kontak dengan lawan. Tak berselang lama, upaya Stafford mengincar Van Jefferson berujung pada intersep oleh Jessie Bates III. Beruntungnya, Bengals gagal menambah angka di sisa waktu yang ada.

Seperti biasa, jeda antarbabak Super Bowl selalu menghadirkan Halftime Show yang megah. Kali ini, semangat hip-hop 2000-an mengudara dengan bintang tamu Dr. Dre, Snoop Dogg, Eminem, Kendrick Lamar, dan Mary J. Blige. Lagu-lagu andalan seperti "Still Dre", "The Next Episode," "California Love", "No More Drama", "m.A.A.d City", dan "Lose Yourself" kencang bergema disambut dengan gemuruh para penggemar.

Tak hanya barisan nama di atas, Halftime Show kali ini juga menghadirkan dua tamu kejutan yakni 50 Cent dan Anderson .Paak. 50 Cent muncul dengan lagu andalannya "In da Club", sedangkan Anderson .Paak bermain drum mengiringi Eminem dan Dr. Dre menutup acara.

Babak kedua dibuka dengan apik oleh Bengals. Memanfaatkan momentum sebelum jeda, Bengals langsung mendapatkan touchdown di serangan pertama mereka. Umpan jauh Burrow diselesaikan dengan tangkapan apik Higgins. Total jarak touchdown ini mencapai 75 yards. Ditambah Point After Touchdown (PAT) oleh Evan McPherson, Bengals unggul (17-13).

McPherson lantas menambahkan tiga poin untuk Bengals melalui kick field goals yang ia lakukan hanya dua menit setelah PAT. Bengals kembali mendapatkan bola usai lemparan Stafford berujung intersep. 

Sayangnya, ini adalah touchdown terakhir Bengals di gim hari ini. Mereka kesulitan menembus pertahanan Rams yang tampak sangat lapar. Duet Aaron Donald dan Von Miller membuat Burrow tak berkutik. Total Burrow terkena tujuh sack (dijatuhkan lawan sebelum melempar) di hari ini.

Empat menit setelah tendangan McPherson, Rams kembali menjaga jarak dengan tendangan Matt Gay. Skor berubah menjadi (20-16) masih untuk keunggulan Bengals. Skor ini bertahan sampai kuarter tiga berakhir.

Kuarter empat berjalan sangat sengit. Momentum masing tak terduga hingga waktu tersisa enam menit. Rams melakukan penyerangan dengan total 18 play (18 kali lemparan atau lari) dan total waktu 4:48. Play ini ditutup dengan touchdown kedua Kupp dari Stafford. Skor berubah Rams unggul (23-20)

Sisa waktu 85 detik seharusnya masih bisa dimanfaatkan oleh Bengals untuk melakukan tendangan dan menyamakan kedudukan. Namun, saat sudah tiba di fourth down dan jarak satu yard (ada di titik 49 yards), Bengals memutuskan untuk tidak melakukan tendangan. Di sini, Burrow gagal memberikan umpan setelah pertahanan Bengals dibobol oleh Donald. Donald nyaris melakukan sack namun Burrow masih bisa melepaskan bola. Sayangnya, umpan Burrow tak menemui sasaran dan Rams mengunci kemenangan.

Ini adalah gelar keempat dalam sejarah organisasi Rams. Ini jadi yang kedua sejak era Super Bowl. Sebelumnya mereka meraih juara di 1999. Rams bergabung dengan Tampa Bay Buccaneers yang jadi juara saat Super Bowl digelar di kandang mereka.

Atas penampilannya yang heroik, Cooper Kupp juga mendapatkan gelar MVP Super Bowl. Kupp total menangkap 8 kali dengan jarak 92 yards yang berujung 2 touchdown. Gelar ini melengkapi gelar Offensive Player of the Year yang ia raih di musim reguler. (DRMK)

Foto: NFL

Komentar