IBL

Timnas putra Indonesia mencapai langkah yang sempurna dalam fase penyisihan grup. Tim Merah Putih menyapu bersih tiga kemenangan. Indonesia melangkah ke final dengan status sebagai juara grup. Mereka mengalahkan Thailand 87-69 pada Minggu (14/5) di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia bangkit di 15 menit terakhir. Indonesia mengambil momentum melalui dunk Lester Proster di akhir kuarter ketiga dan menyamakan kedudukan (51-51). Sebelumnya tim asuhan Milos Pejic itu sempat tertinggal 15 poin. Indonesia akhirnya bisa membalik keadaan dengan unggul 18 poin.

Lester kemudian menjadi penyumbang angka terbanyak dengan 20 poin.  Ia mencetak 5 tembakan sempurna dari paint area ditambah 7/14 tembakan gratis. Lester juga memberikan 7 rebound dan 2 asis selama 23 menit.

Anthony Beane Jr. menyusul dengan 18 poin dan 8 rebound. Sebanyak 4 dari 7 tembakannya berasal dari tripoin. Dari bangku cadangan Kaleb Ramot Gemilang memberikan 12 poin dan 2 asis.

Sementara itu dari pihak Thailand, Antonio Price mencetak 18 poin, 3 rebound, dan 3 asia. Kemudian Moses Morgan mencetak 14 poin, 5 rebound, dan 2 asis selama 28 menit. Secara keseluruhan Thailand tertahan dengan 23/67 tembakan.

Pada babak semifinal besok, Indonesia akan melawan Filipina pada pukul 17.00 WIB. Pada pertemuan di SEA Games 2022 lalu, Indonesia menekuk Filipina 85-81 dan meraih emas pertama.

Dari klasemen akhir grup A, Filipina menjadi runner up. Mereka kalah dari Kamboja. Sebaliknya Kamboja yang menjadi juara grup dengan tiga kemenangan berjumpa dengan Thailand pada pukul 15.00 WIB. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar