IBL

Boston Celtics menunjukkan mentalitas yang luar biasa dalam lanjutan laga NBA melawan Phoenix Suns yang digelar di Talking Stick Resort Arena, Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Kamis malam, 8 November 2018, waktu setempat. Celtics yang sempat tertinggal 22 poin di awal kuarter tiga berhasil bangkit di sisa laga dan memaksakan pertandingan hingga tambahan waktu (overtime). Di tambahan waktu, Celtics justru berbalik dominan dan memenangi laga 116-109.

Celtics benar-benar memulai laga dengan penampilan berantakan terbukti dengan total hanya 13 poin yang mereka ciptakan di kuarter pertama dan berbalas 32 poin dari Suns. Meski lumayan membaik di kuarter dua, Suns yang masih menjaga momentum tetap unggul dalam perolehan jumlah poin usai mencetak 23 poin berbanding 22 dari Celtics, Suns menutup paruh pertama dengan 55-35.

Meski Suns sempat memperlebar jarak hingga 22 poin, Celtics sudah menunjukkan tanda-tanda kebangkitan di kuarter tiga. Tim asuhan Brad Stevens sudah kembali menampilkan pergerakan bola yang dinamis dan eksekusi yang efisien. Hasilnya, Celtics untuk kali pertama di laga ini mencetak poin lebih banyak dalam satu kuarter dari pada Suns dengan 30 berbanding 25 poin. Namun, Suns masih unggul 15 poin, 80-65.

Kuarter empat menjadi sepenuhnya milik Celtics. Selisih poin terus mereka pangkas hingga di sisa tujuh detik terakhir, Celtics hanya tertinggal tiga poin dan memiliki penguasaan bola. Pola serangan yang tepat berhasil membuat Marcus Morris terbebas dan melepaskan tripoin dengan leluasa. Celtics menyamakan kedudukan 100-100 dan berhasil memaksa laga berlanjut ke overtime.

Dengan momentum di tangan, Celtics langsung tancap gas di overtime. Kyrie Irving mencetak enam poin pertama Celtics di babak ini dan terus menjauhkan selisih poin. Total Celtics mencetak 16 poin dan hanya berbalas 9 poin dari Suns, Celtics mennag 116-109.

Irving menjadi bintang kemenangan Celtics di laga ini usai menjadi top skor pertandingan dengan 39 poin, 7 rebound, 6 asis, dan 3 steal, serta 6/13 tripoin. Jaylen Brown menjadi satu-satunya pemian utama (starter) yang menemani Irving dengan dua digit poin usai menambahkan 17 poin dan 6 rebound. Selain mencetak tripoin yang memaksa laga berlanjut ke overtime, Morris total mengemas 17 poin plus 8 rebound. Terry Rozier melengkapi daftar pencetak dua digit angka dengan 10 poin dan 6 rebound.

Dari kubu tuan rumah, ada empat pemain yang mencetak 10 poin atau lebih dan seluruhnya adalah starter. Devin Booker masih setia menjadi top skor tim dengan 38 poin, 3 rebound, dan 9 asis. T.J> Warren menyusul dengan 29 poin dan 7 rebound. Ruki, Deandre Ayton membukukan dobel-dobel 14 poin plus 10 rebound. Trevor Ariza melengkapi daftar dengan sumbangan 11 poin, 9 rebound, dan 6 asis.

Kemenangan ini mengakhiri tren dua kali kekalahan beruntun yang diderita Celtics plus membuat mereka naik ke peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Timur dengan tujuh kemenangan dari 11 laga. Bagi Suns, kekalahan ini menjadi kekalahan kedua betuntun dan semakin membenamkan mereka di dasar klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah 2-9.

Suns akan melakoni laga selanjutnya dengan bertmu ke markas New Orleans Pelicans, lusa, waktu setempat. Setali tiga uang, Celtics juga masih akan menyandang status tamu di laga selanjutnya dengan berkunjung ke Utah Jazz, esok.

Foto: Twitter, @celtics

 

Komentar