IBL

FIBA 3x3 punya mekanisme tersendiri dalam melakukan seleksi tim untuk memastikan mereka lolos ke Olimpiade Paris 2024. Enam tim telah mengamankan tempat di kompetisi tersebut, dengan rincian masing-masing kategori ada tim tim. Keenam tim ini tidak akan mengikuti proses kualifiasi. 

FIBA 3x3 akan memulai penghitungan Peringkat Federasi per 1 November. Peringkat Federasi FIBA 3x3 dihitung dengan menjumlahkan poin Peringkat Dunia Perorangan dari 25 pemain teratas dengan akun play.fiba3x3.com yang dikonfirmasi. Posisi dalam Peringkat Federasi 3x3 ditentukan oleh jumlah pemain dan frekuensi bermainnya.

Semakin banyak acara yang diselenggarakan, semakin besar kemungkinan pemain mengumpulkan poin dan meningkatkan kedudukan federasi nasional. Mengacu pada aturan tersebut, maka Peringkat Federasi untuk tahun 2023 sudah ditutup tanggal 1 November ini. Dengan begitu, maka peringkatnya sudah bisa ditentukan. 

Sejak awal sudah diumumkan, bahwa tim-tim yang berhak lolos ke Olimpiade Paris 2024 untuk 3x3 bisa melalui dua jalur. Pertama adalah tiga teratas dari peringkat federasi. Kemudian sisanya akan ditentukan melalui tiga turnamen kualifikasi Olimpiade pada awal tahun 2024. Lokasi, tuan rumah, serta tim yang berpartisipasi dalam turnamen kualifikasi Olimpiade akan diumumkan pada bulan Desember 2023. 

Berikut tim-tim yang lolos melalui peringkat federasi:

- Kategori Putra:
1. Serbia - Mereka menempati peringkat pertama dari peringkat Federasi. Di ajang Olimpiade Tokyo untuk 3x3, Serbia meraih medali perunggu.

2. Amerika Serikat - Negara yang menduduki peringkat kedua untuk federasi ini absen pada Olimpiade Tokyo cabang olahraga 3x3. Tetapi mereka meraih medali perak di FIBA 3x3 World Cup 2023.

3. Cina - Negara ini menunjukkan perkembangan pesat di 3x3. Pemain 3x3 di negara tersebut makin banyak, sehingga mendorong peringkat mereka naik.

Kategori Putri:
1. Cina - Pada 3x3 Olimpiade Tokyo, Cina meraih medali perunggu. Mereka kini menduduki peringkat teratas untuk federasi kategori putri. Sehingga Cina bisa bersaing lagi di Olimpiade. 

2. Amerika Serikat - Mungkin secara peringkat federasi, mereka masih di bawah Cina. Tetapi ingat, Amerika Serikat merupakan peraih medali emas 3x3 Olimpiade Tokyo. 

3. Prancis - Performa tim 3x3 putri Prancis luar biasa. Tetapi kali ini, mereka juga punya keuntungan untuk bisa langsung lolos, tanpa kualifikasi. Tentu saja karena peringkat federasi, bukan karena mereka tuan rumah. 

3x3 Olimpiade sendiri akan diikuti delapan peserta untuk masing-masing kategori. Sehingga ada lima slot yang tersisa, dan bisa diperebutkan oleh negara-negara lainnya melalui mekanisme kualifikasi, pada awal tahun 2024. Sementara untuk puncak acara FIBA 3x3 Olimpiade Paris, akan berlangsung 30 Juli hingga 5 Agustus 2024, di Place de la Concorde yang ikonik, yang terletak di jantung kota Paris.

Lokasi bersejarah ini, dekat landmark terkenal seperti Grand Palais, Champs-Elysees, dan The Louvre, menjadi latar sempurna untuk kompetisi yang menggemparkan ini. Dengan kapasitas untuk menampung lebih dari 5.000 penonton, Place de la Concorde ditetapkan menjadi pusat atmosfer seru 3x3 selama Olimpiade. 

Ingat bahwa 3x3 pertama kali ditandingkan secara resmi Olimpiade, pada edisi 2020 yang diselenggarakan tahun 2021 di Tokyo, Jepang. Dua tim yang berhasil mencetak sejarah adalah tim putra Latvia dan tim putri Amerika Serikat. Mereka menjadi peraih medali emas pertama 3x3 Olimpiade. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar