IBL

Timnas 3x3 Putri Indonesia akan berlaga di FIBA 3x3 U18 World Cup (Piala Dunia) 2019, di Ulaanbaatar, Mongolia. Turnamen ini berlangsung mulai 3 Juni hingga 7 Juni 2019 mendatang. Indonesia menjadi unggulan keempat. Pengalaman Valencia Pramono menjadi senjata Indonesia di turnamen tersebut.

Timnas 3x3 U18 Indonesia diperkuat oleh Hoo Valencia Angelique Pramono, Adelaide Callista Wongsohardjo, Amelia Ryan Ayu Ardhany, dan Sophia Rebecca Adventa. Dari situs fiba.basketball, Valencia masuk dalam daftar lima pemain yang patut disaksikan penampilannya.

Valencia masih berusia 17 tahun. Tetapi ini merupakan penampilan ketiganya di turnamen 3x3 internasional. Sebelumnya, Ellen -panggilan akrabnya- meraih medali emasi di FIBA 3x3 U18 Asia Cup 2017. Alumni Honda DBL All-Star 2017 itu juga mewakili Indonesia di ajang Youth Olympic Games edisi ke-15 di Buenos Aires, Argentina.

Pengalaman tersebut membuat FIBA 3x3 menyandingkan Ellen dengan empat pemain 3x3 putri lainnya, yaitu Karina Esquer Vila (Meksiko), Charlisse Leger-Walker (Selandia Baru), Veronika Kosmach (Ukraina), dan Hailey Van Lith (Amerika Serikat).

Timnas 3x3 U18 Putri Indonesia pada turnamen kali ini adalah alumni Honda DBL All-Star. Ellen dan Adelaide Callista merupakan alumni Honda DBL All-Star 2017. Sedangkan Amelia dan Sophia adalah alumni Honda DBL All-Star 2018.

Sementara itu, Indonesia masuk di Grup D pada babak penyisihan. Mereka akan berhadapan dengan Rumania, Swiss, Jepang, dan Belgia. Indonesia menjadi unggulan keempat, sedangkan Rumania menempati unggulan kelima. Di Grup D, peringkat Indonesia paling tinggi. Mereka juga diunggulkan bisa lolos ke babak playoff.

Berikut jadwal pertandingan Timnas 3x3 Putri Indonesia di FIBA 3x3 U18 World Cup 2019:

Syarat lolos ke babak playoff adalah menempati peringkat satu dan dua di klasemen babak penyisihan.

FIBA 3x3 U18 World Cup merupakan turnamen 3x3 antarnegara yang digelar setahun sekali. Namun pada tahun 2014 dan 2018 turnamen tersebut tidak digelar. Alasannya, pada tahun 2014 ada Youth Olympic Games di Nanjing, Cina. Sedangkan pada tahun 2018 ada kejuaraan yang sama di Boenos Aires, Argentina. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar