IBL

Tim Nasional 3x3 U18 Putri Indonesia melaju ke perempat final FIBA 3x3 U18 World Cup 2019, di Ulaanbaatar, Mongolia. Sempat kalah di laga perdana, dua hari lalu, Indonesia akhirnya bangkit di penyisihan hari kedua. Indonesia menang 15-13 atas Swiss, lalu mengalahkan Belgia dengan skor 15-14.

Sebelumnya, posisi Indonesia belum aman. Sebab di penyisihan hari pertama, 3 Juni 2019, Indonesia kalah dari Jepang (11-15). Tetapi berhasil mencuri kemenangan dari Rumania dengan skor 16-12. Untuk lolos dari babak penyisihan Grup D, Indonesia harus menang dua laga.

Akhirnya target itu berhasil dicapai oleh Valencia Pramono dan rekan-rekannya. Indonesia mendapatkan dua kemenangan sekaligus menjadi runner-up Grup D, di bawah Jepang yang memimpin klasemen akhir.

Pada pertandingan hari Kamis 6 Juni 2019, Indonesia berhasil mengalahkan Swiss melalui babak tambahan waktu (overtime). Indonesia berhasil mencetak lima kali tembakan dua poin. Sophia Rebecca mencetak delapan poin, hasil dari empat kali tembakan dua poin. Sementara itu, Swiss lebih mengandalkan tinggi badan. Mereka menyerang area kunci. Tetapi Indonesia unggul di akurasi tembakan jarak jauh.

Berlanjut ke pertandingan kedua, Indonesia menang tipis 15-14 atas Belgia. Swiss dan Belgia rupanya punya strategi yang sama yaitu mencetak poin dengan mengandalkan tinggi badan. Namun Indonesia berhasil mencuri kemenangan lewat performa menawan Adelaide Callista Wonsohardjo. Ia mencetak enam poin, termasuk dua tembakan bebas.

Setelah memastikan lolos ke perempat final, Indonesia langsung bertemu Amerika Serikat. Tim superior di Grup B, karena Amerika Serikat tidak pernah kalah di babak penyisihan. Tim Amerika Serikat diperkuat garda lincah Hailey Ann Van Lith, serta Rickea Velece Jackson yang berpeluang jadi top skor di turnamen ini.

Laga Indonesia melawan Amerika Serikat akan berlangsung Jumat 7 Juni 2019. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar