IBL

Berita mengejutkan datang dari pemain Cleveland Cavaliers sekaligus timnas bola basket Spanyol Ricky Rubio. Kabarnya dia mengambil cuti dari semua kegiatan basket profesional. Keputusan ini diambil karena Rubio ingin memulihkan kesehatan mentalnya. Belum ada konfirmasi dari Cavaliers untuk hal ini, meski Rubio masih punya kontrak hingga tahun 2025. 

"Saya telah memutuskan untuk menangguhkan aktivitas profesional saya untuk menjaga kesehatan mental saya," kata Rubio, dikutip dari AFP. 

Keputusan Rubio diambil beberapa minggu sebelum Piala Dunia FIBA 2023. Dengan kata lain, dia tidak akan bermain di ajang tersebut dengan timnas Spanyol. Padahal Rubio adalah MVP Piala Dunia FIBA 2019 di China, di mana dia juga membantu Spanyol memenangkan gelar juara. 

Alasan Rubio mengambil cuti untuk sementara karena dia sudah berulang kali mengalami cedera ligamen. Tuntutan untuk segera sembuh dari cedera dan bermain kembali, justru membuat mentalnya terganggu. Rubio juga mengalami cedera ACL kiri, dan baru sembuh pada bulan Januari 2023. 

Sementara itu, pemain berusia 32 tahun, pada hari Sabtu (5/8) juga menyampaikan permintaan maaf sekaligus terima kasih kepada Federasi Bola Basket Spanyol atas dukungan mereka dalam keputusannya untuk mundur. "Saya ingin berterima kasih kepada semua dukungan yang saya terima dari FEB untuk memahami keputusan saya. Hari ini bersama keluarga saya akan lebih masuk akal dari sebelumnya. Terima kasih. Saya akan meminta agar privasi saya dihormati sehingga saya dapat menghadapi momen-momen ini dan dapat memberikan lebih banyak informasi ketika waktunya tepat," ujarnya.

Kini tinggal melihat respons dari Cleveland Cavaliers. Karena menurut data spotrac.com, Rubio punya sisa kontrak dengan durasi dua musim kompetisi. Dia baru menjalani satu musim dari kontrak yang ditandatangani pada bulan Juli 2022. Rubio diikat dengan gaji 18 juta dolar untuk tiga musim. Sehingga dia baru lepas atau berstatus "free agent" pada tahun 2025. Pada musim 2022-2023, Rubi bermain sebanyak 33 pertandingan dengan catatan 5,2 poin dan 3,4 assist per gim. (*)

Foto: slamonline.com

Komentar