IBL

Pemain asal Spanyol Ricky Rubio tampaknya akan segera kembali bermain. Dia sudah 12 bulan dalam daftar pemain cedera Cleveland Cavaliers, karena cedera ACL. Rubio diproyeksikan kembali bermain di awal tahun 2023. Kini statusnya sudah diubah dari "pemain cedera" menjadi "pemain yang diragukan tampil".

Perubahan status ini sangat menarik di NBA. Karena dengan berada dalam daftar "pemain yang diragukan tampil", maka Rubio bisa saja tiba-tiba ada dalam roster. Meski kemungkinan tersebut kecil, karena belum ada tanda-tanda Rubio sudah sembuh seratus persen. Tetapi menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN, Rubio akan diturunkan pada pertandingan melawan Portland Trail Blazers, Jumat, 13 Januari 2023, waktu Indonesia. 

Foto: KGET.com

Rubio mengalami cedera ACL kiri pada 28 Desember 2021. Dia kemudian absen dari sisa musim reguler 2021-2022. Saat itu, Cavs mengirimnya ke Indiana Pacers dalam skema pertukaran pemain. Tetapi pada awal musim 2022, Cavs kembali mengambil Rubio dengan kontrak pemain "free agent". Rubio diikat selama tiga tahun dengan nilai kontrak 18 juta dolar Amerika. 

Rubio sempat bermain untuk musim ke-11 dalam karir NBA-nya. Tapi dia duduk di bangku cadangan selama musim 2021-2022. Jadi kalau kepala pelatih JB Bickerstaff menurunkannya di musim ini, maka Rubio tercatat sudah 12 musim bermain di NBA. Cedera yang dialami Rubio tidak hanya mengganggu karirnya di NBA. Dia sampai tidak bisa membela timnas Spanyol di ajang EuroBasket 2022. 

Bila melihat catatan di awal musim 2021-2022, di mana Rubio belum cedera, dia membantu Cavs mencetak rekor 20-13 di awal musim reguler. Namun setelah dia cedera, Cavs tidak punya pengatur serangan di lini kedua. Sementara kondisi kali ini berbeda. Rubio tidak akan berada di daftar teratas untuk posisi garda utama. Dia akan bermain di belakang Donovan Mitchell dan Darius Garland. Karena kedua pemain telah menjadi bintang utama Cavs. (*)

Foto: The Score

Komentar