IBL

Lebih dari setahun setelah cedera ACL membuat Ricky Rubio tidak berdaya. Akhirnya garda utama Cleveland Cavaliers tersebut kembali ke lapangan pada hari Jumat, 13 Januari 2023. Dia membantu Cavaliers meraih kemenangan 119-113 atas tuan rumah Portland Trail Blazers. 

Rubio masuk dari bangku cadangan dengan waktu tersisa 3:38 di kuarter pertama. Bermain dengan batas menit, Rubio hanya diturunkan 10 menit dengan kontribusi 9 poin dan 3 rebound. Rekan setim Rubio di Cleveland sama-sama bersemangat melihatnya kembali ke lapangan.

"Rasanya menyenangkan," kata Rubio tentang game pertamanya, dikutip dari ABC News. "Awalnya terasa aneh, tapi setelah itu terasa normal kembali. Tentu ritme dan naluri bermain akan datang, tapi hari ini sangat emosional. Saya bekerja keras sepanjang tahun untuk sembuh, dan bersyukur bisa bermain basket lagi. 

Pemain 32 tahun tersebut menderita robek anterior cruciate kirinya saat melaju ke ring di New Orleans pada 28 Desember 2021. Dia rata-rata mencetak 13,1 poin dan 6,6 assist dalam 34 pertandingan musim lalu sebelum cedera.

"Dia memiliki semangat yang luar biasa, hanya itu yang bisa saya katakan," kata pelatih Cavs BJ Bickerstaff. "Tidak ada tulang egois di tubuhnya, seperti semua yang dia lakukan, dia lakukan hanya untuk membantu orang lain."

Marca.com

Dia adalah bagian penting dari awal cepat Cavaliers musim lalu, tetapi ditukar dengan Indiana Pacers selama rehabilitasi. Kemudian kembali ke Cleveland sebagai pemain "free agent". Pertukaran di luar musim juga menyatukan kembali Rubio dengan pendatang baru Cavaliers, Donovan Mitchell, rekan setimnya selama dua musim pertama karir Mitchell bersama Utah Jazz . 

"Aku tidak bisa berhenti tersenyum," kata Mitchell. "Rasanya seperti tahun pertama saya di liga. Bagi saya, ini hanya momen lingkaran penuh, tapi senang melihatnya di luar sana setelah ACL."

Awalnya, pelatih Cleveland JB Bickerstaff mengatakan kepada wartawan bahwa dia berencana memainkan Rubio di kuarter kedua. Lalu Rubio mengatakan dia merasa baik secara fisik karena latihan kardionya lebih menantang daripada aksi permainan. Oleh karena itu, dia diturunkan di kuarter pertama. Tapi Cavaliers tetap berhati-hati dengan jadwal Rubio. Pelatih Bickerstaff mengatakan dirinya akan memotong menit bermain Rubio. Semata-mata dilakukan demi membuat Rubio benar-benar sehat seratus persen. 

Foto: Yahoo!Sports

Komentar