IBL

Utah Jazz semakin mantap dalam melakukan pembangunan ulang skuad (rebuild). Laporan ESPN pada Jumat dini hari WIB menjelaskan bahwa Jazz menemukan kata sepakat dengan Cleveland Cavaliers untuk mengirim bintang mereka, Donovan Mitchell. 

Sebagai gantinya, Cavaliers mengirimkan tiga pemain, Lauri Markkanen, Collin Sexton, dan ruki Ochai Agbaji. Cavaliers juga mengirimkan tiga hak pilih ronde pertama NBA Draft untuk tahun 2025, 2027, dan 2029. Cavaliers juga memberikan hak tukar urutan pilih pada NBA Draft 2026 plus 2028. 

Kesepakatan ini bisa dibilang tidak cukup terendus media. Awalnya, banyak yang meyakini bahwa New York Knicks adalah opsi utama Jazz dalam melakukan pertukaran. Laporan ESPN lantas menjelaskan bahwa Knicks dan Jazz gagal sepakat pada Senin lalu hingga akhirnya Cavaliers datang dengan paket yang disetujui oleh Jazz. 

Dengan kesepakatan ini, maka Jazz resmi melepas dua pemain berstatus All Star mereka di jeda musim ini. Sebelum Mitchell, Jazz juga menukar Rudy Gobert ke Minnesota Timberwolves. Dalam proses pertukaran keduanya, Jazz berhasil mendapatkan 13 hak pilih ronde pertama yang seluruhnya bersifat unprotected (tanpa syarat-syarat tertentu). 

Sementara itu, secara pemain aktif, Jazz telah mendapatkan sembilan pemain. Selain Markkanen, Sexton, dan Agbaji di atas, Jazz juga mendapatkan Malik Beasley, Leandro Bolmaro, Jarred Vanderbilt, Walker Kessler (ruki), Stanley Johnson, serta Talen Horton-Tucker. 

Dua nama terakhir Jazz dapatkan setelah menukar Patrick Beverley ke Los Angeles Lakers. Beverley sendiri menjadi bagian dari pertukaran awal Gobert ke Timberwolves. 

Untuk Cavaliers yang musim lalu finis di peringkat delapan tapi gagal menang di Play-in Tournament, Mitchell akan jadi tambahan luar biasa. Ia diyakini akan mengisi starter bersama Darius Garland, Isaac Okoro, Evan Mobley, dan Jarrett Allen. 

Cavaliers juga masih punya barisan cadangan yang solid. Nama-nama seperti Ricky Rubio, Caris LeVert, Cedi Osman, hingga Kevin Love masih akan memberikan mereka kedalaman skuad yang cukup baik. 

Dari sisi Jazz, diyakini pertukaran Mitchell bukanlah transaksi terakhir mereka jelang musim baru dimulai. Jazz masih punya tiga veteran, Bojan Bogdanovic, Jordan Clarkson, dan Michael Conley yang bisa saja dilepas jika penawarannya cukup bagus. Untuk trio Cavaliers yang menggantikan Mitchell, ESPN melaporkan bahwa Jazz akan mempertahankan ketiganya untuk musim depan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar