IBL

Nike pada hari Jumat, 25 Juni 2021, waktu Amerika Serikat telah mengeluarkan laporan pendapatan pada kuartal keempat 2021. Hasilnya mengagumkan. Perusahaan produsen perlengkapan olahraga dan gaya hidup itu mendapati peningkatan keuntungan sebesar 14 persen.

Sebagai informasi, penghitungan keuntungan tahunan dilakukan bukan setiap akhir Desember. Nike melakukannya setiap akhir Mei. Maka laporan laba-rugi biasanya akan dirilis antara pertengahan atau akhir Juni.

Profit penjualan produk sudah pasti masuk. Akan tetapi, pendapatan mereka tidak hanya dari sana. Nike merupakan perusahaan TBK. Itu artinya, kita bisa membeli saham Nike di bursa. Pasar di New York Stock Exchange (NYSE) dan Dow Jones Industrial Average biasanya jadi rujukan bagi siapa saja yang ingin melakukan transaksi.

Peningkatan tebrilang tajam. Mereka bisa mendapatkan keuntungan hingga AS$12,3 Miliar, sekitar Rp178 Triliun, dari perhitungan global. Naik 96 persen dari pendapatan tahun lalu di waktu sama. Angka tersebut tampak besar sekali dengan peningkatan keuntungan yang terbilang fantastis. Tapi, perlu diingat pula bahwa mereka mengalami penurunan pendapatan tahun lalu akibat pandemi Covid-19 yang mulai merebak.

Keuntungan tersebut naik 19 persen dari rata-rata laba tahunan. Didapatkan dari peningkatan sebesar 73 persen penjualan yang terjadi akhir-akhir ini. Laporan yang dirilis ke publik itu menunjukkan bahwa Nike masih punya kekuatan dan menempati posisi aman walau industri ritel tengah dihantam badai selama setahun belakangan.

John Donahoe selaku Presiden dan CEO mengaku bahwa perusahaannya punya strategi khusus untuk mencapai torehan tersebut. Dalam rilis pers, disebutkan bahwa Nike memiliki keunikan kompetitif dibanding para pesaing.

“Satu lagi yang kami unggulkan adalah kedekatan dengan konsumen di seluruh dunia. Kami terus membangun koneksi itu dengan berbagai cara,” kata mantan CEO eBay itu.

Laporan dari The Wall Street Journal pada awal Mei 2021 sempat menyebut bahwa performa saham Nike di Dow Jones turun 5,6 persen. Akan tetapi, CNBC kemudian mengumumkan kabar bahwa saham Nike kembali meningkat 14 persen menjelang pengumuman laporan keuangan.

Kini, harga per lembar saham Nike ada di angka AS$152, sekitar Rp2,2 juta. Prestasi pendapatan di atas bisa membuat harga itu meninggi. Karena menandakan bahwa Nike bisa tetap menampilkan tren positif di tengah kondisi yang belum segera pulih. (ajb)

Foto: Nike Basketball

Komentar