IBL

Tak ada yang menyangkal kegemilangan karir Kobe Bryant bersama Los Angeles Lakers. Ia mampu mencetak berbagai prestasi dan rekor yang sulit disalip pemain lain. Majalah Mainbasket edisi 65 yang terbit pada Februari 2018 telah memberikan ulasannya. Prestasi itu juga didukung dengan kerja samanya dengan merek olahraga kenamaan, Nike.

Pemain yang telah dianggap sebagai legenda ini juga punya jejak yang tak akan mati walau karirnya telah berakhir. Kolaborasinya bersama Nike jadi salah satu sepatu paling dicari. Sejak bergabung dengan merek sepatu berlogo centang itu pada 2003, Kobe punya sisi magis yang membuat sepatu basket yang ia pakai disukai banyak kalangan.

Evolusi sepatu basket Kobe Bryant telah mencapai seri ke-12, tapi Nike justru punya cara tersendiri dalam mengembangkan Nike Zoom Kobe. Perusahaan berbasis di Oregon, Amerika Serikat, ini justru merilis ulang sepatu pertama yang mereka buat untuk Sang Black Mamba.

Sepatu ini diberi nama Nike Zoom Kobe 1 “Protro” (Professional Level Retro). Dilansir dari Nike News, Kobe menyampaikan visi dari sepatu terbarunya ini.

“Protro adalah tentang evolusi improvisasi dari yang sudah ada,” kata Kobe Bryant. “Saya ingin membangun bisnis yang tak hanya berbasis dari apa yang sudah saya lakukan di masa lalu. Lebih dari itu, penting bagi Nike untuk tetap mengacu pada performa. Semua yang akan kami lakukan adalah inovasi. Meski menggunakan siluet lawas, performa dan pengembangan teknologi jadi kunci utama.”

Visi itu ditangkap dengan baik oleh Nike. Tak ada yang berubah dari tampilan seri Protro dengan seri pertama. Namun, terdapat pengembangan teknologi yang tersemat di sana. Hal ini yang menjadikan seri Protro jauh lebih baik dari seri Zoom Kobe 1 yang dirilis pada 2004.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Tony Grosso, Direktur Produk Nike Basketball. “Zoom Kobe 1 Protro hadir sama persis dengan yang pernah kami produksi untuk Kobe 2006 lalu. Tapi untuk yang ini, kami membuatnya menggunakan kacamata atlet basket, terutama pebasket profesional NBA,” ungkap Grosso.

Bagian atas menggunakan perpaduan antara kulit dan nilon. Sol bawah menggunakan bantalan Zoom Air modern dengan tampilan yang lebih baik. Dengan sol Zoom Air yang baru ini, Nike menjanjikan traksi dan performanya mampu mengakomodasi kebutuhan pebasket dengan daya pakai yang tinggi. Tak hanya itu, bagian tumit disokong dengan sebuah cangkang yang terbuat dari karbon fiber. Cangkang ini memanjang dari belakang hingga tengah sol samping.

Nike akan merilis sepatu tersebut saat All-Star Weekend 2018. Hal tersebut dipilih sebagai bentuk apresiasi pada Kota Los Angeles. Tuan rumah laga pamungkas NBA sekaligus kota tempat Kobe menghabiskan karir basketnya bersama Lakers. Bila Anda ingin mendapatkannya, maka pantau aplikasi pembelian online Nike atau datang ke gerai tertentu. Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi mengenai harga untuk kolaborasi terbaru Nike dan Kobe Bryant ini.

Sumber Foto: Nike Basketball, Nice Kicks

Komentar