IBL

LeBron james adalah atlet yang aktif menyampaikan pernyataan tentang suatu fenomena. Ia tercatat pernah menyampaikan pernyataannya mengenai isu rasialisme, kejahatan, korupsi, hingga soal Presiden AS Donald Trump. Terbaru, ia menyampaikan mengenai kesetaraan dengan cara yang unik.

Di pertandingan lanjutan NBA 2018 antara Cleveland Cavaliers melawan Washington Wizards tadi pagi, LeBron mengenakan sepatu yang jadi sorotan publik. Ia menggunakan Nike LeBron 15 berbeda warna untuk kaki kanan dan kiri. Walau berbeda warna, dua sepatu tersebut sama-sama bertulis “Equality” di bagian tumit.

Nike LeBron 15 PE “Equality” Black Colorway sebelumnya telah dirilis pada 18 Oktober 2017. Sedangkan untuk warna putih, sepatu tersebut muncul ke publik pertama kalinya pada pertandingan hari.

Hal tersebut dilakukan tentu bukan tanpa alasan. Berikut pernyataan LeBron kepada USA Today seusai pertandingan: “Entah soal ras, warna kulit, entah siapa pun Anda, kita semua harus memahami kesamaan hak dan lantang menyampaikan sesuatu yang perlu disampaikan,” ungkapnya.

LeBron juga menambahkan bahwa tak boleh siapapun menjadi diktator di negaranya, Amerika Serikat. Kemudian, ia juga menekankan bahwa kita harus mempertahankan kesamaan hak tak peduli siapa Anda dan warna kulit Anda.

Bukan Kali Pertama

LeBron James tercatat pernah mengenakan sepatu berbeda warna pada tahun 2010. Saat itu, ia mengenakan Nike Air Max LeBron 7 berwarna biru dan oranye yang senada dengan jersey edisi spesial Cleveland Cavaliers kala itu.

Tak hanya LeBron, Ray Allen tercatat pernah menggunakan sepatu berbeda. Kembali ke 10 Februari 2011, Allen yang saat itu membela Boston Celtics menggunakan Air Jordan IX Premio di kaki kiri dan Air Jordan XI PE di kanan. Alasannya pun sederhana: IX + XI = XX (20), angka yang merupakan nomor jersey Allen di Celtics.

Namun, atlet NBA yang paling menarik perhatian lewat sepatu berbeda warna adalah Ron Artest. Pemain yang menghabiskan 18 tahun karirnya di NBA ini punya kenangan saat laga NBA All-Star 2004. Saat itu, ia menggunakan empat buah sepatu dari empat merek berbeda: And 1, Dada Supreme, Nike Zoom Huarache 2K4 dan Adidas A3. Tiap sepatu digunakan secara bergantian di tiap kuarter.

Anda berminat mencoba apa yang dilakukan Ron Artest?

Ron Artest memakai And 1 di kaki kanan dan Dada Supreme Shoes di kaki kiri.

Sumber Foto: Nike, Slam, Highsnobiety

Komentar