IBL

Perayaan Tahun Baru Imlek selalu menjadi momen bagi para produsen sepatu basket untuk membuat edisi khusus. Beberapa pemain yang punya sepatu khas (signature shoes) juga secara khusus meminta untuk dibuatkan sneaker bertema hari spesial untuk etnis Tionghoa tersebut. Berikut sebagian sepatu yang akan muncul pada peringatan Tahun Baru Imlek 2021, atau tahun "Kerbau Logam" yang akan jatuh pada tanggal 12 Februari mendatang:

adidas D.O.N. Issue 2 "Chinese New Year"

Donovan Mitchell kini menjadi tumpuan Utah Jazz, bersama Rudy Gobert. adidas sebagai sponsornya meyakini bahwa Mitchell akan jadi bintang besar di masa depan. adidas pernah menyatakan bahwa Mitchell bermain layaknya Dwyane Wade saat masih muda. Mitchell kini dianggap sebagai bintang utama adidas setelah James Harden. 

Khusus untuk peringatan Tahun Baru Imlek 2021, adidas membuat salah satu tampilan D.O.N Issue 2 yang identik dengan momen istimewa tersebut. Warna yang dipakai adalah kombinasi merah, hitam dan emas. Sepatu ini akan dilepas ke pasaran para 22 Januari 2021, harganya di kisaran AS$100 per pasang.

adidas Dame 7 "Chinese New Year

Dame 7 sudah ada di pasaran sejak 31 Desember tahun lalu, dan harganya sekitar AS$110 per pasang. Tetapi untuk edisi khusus Tahun Baru Imlek akan dilepas ke pasaran pada 22 Januari 2021.

Dame 7 kali ini benar-benar punya kesan Imlek yang kental. Pada bagian atas, jalanya dibuat dengan warna merah yang dominan. Aksen hitam hanya ditempatkan pada tumit dan sol bagian tengah. Detailnya juga sangat menarik perhatian. Ada kata "Kerbau" dalam bahasa Tionghoa yang disematkan di bagian samping menggunakan warna emas. Tahun Baru Imlek 2021 disebut juga tahun Kerbau Logam.

Air Jordan 35 "Chinese New Year"

Nike,Inc. tahun ini sibuk menggarap proyek bertema retro. Tetapi mereka tidak melupakan Air Jordan 35 yang mulai diluncurkan tahun lalu. Salah satunya membuat edisi khusus "Chinese New Year" yang akan dirilis pada 14 Januari 2021. Warnanya kombinasi antara hitam dan merah tua. Warna tersebut memang identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek. Sementara untuk menambah kesan manis, detail-detail dalam sepatu tersebut menggunakan warna kuning emas. Sepatu ini dilepas ke pasaran dengan harga AS$180 per pasang.

Nike Kyrie 7 dan Kybrid S2 "Chinese New Year"

Kembalinya Kyrie Irving dianggap sebagai momen istimewa oleh Nike. Sehingga pada tahun 2021, Kyrie punya dua sepatu khas sekaligus. Pertama yaitu Kyrie 7, dan yang kedua bernama Kybrid S2. Ternyata keduanya punya edisi khusus untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2021.

Untuk Kyrie 7 edisi Tahun Baru Imlek justru tidak menampilkan warna merah. Malah kesannya, warna hitam yang lebih dominan. Di bagian atas justru muncul warna pink yang dilapisi renda berwarna hitam. Talinya juga menggunakan warna biru. Tetapi detailnya benar-benar menunjukkan perayaan Imlek. Logo Swoosh dibuat dengan warna emas, dan disematkan ornamen khas Tiongkok di ujungnya. Kemudian di bagian belakang ada sulaman yang khas dengan budaya Tionghoa. Sepatu ini dilepas ke pasaran seharga AS$130 per pasang.

Sementara untuk Kybrid S2 dibuat sangat berbeda. Sepatu ini justru menggambarkan kegembiraan pada perayaan Imlek. Karena dibuat dengan corak berwarna-warni. Kali ini, juga menampilkan warna merah sebagai warna khas perayaan Imlek. Harganya sekitar AS$140 per pasang.

Under Armour Curry Flow 8 "Chinese New Year"

Stephen Curry baru saja mendapatkan merek sendiri dari Under Armour bernama Curry Brand. Logonya muncul di sneaker khasnya, yaitu Curry Flow 8. Salah satu edisi sepatu tersebut akan muncul pada perayaan Imlek 2021.

Sepatu ini sangat mencolok dengan warna merah cerah di bagian atas, sementara sol tengah memakai warna putih bersih. Terdapat detail-detail kecil dengan aksen emas yang memberi kesan elegan.

Curry Flow 8 pertama kali muncul pada akhir tahun 2020. Sneaker tersebut mengadopsi teknologi baru Under Armour bernama "Flow". Teknologi ini membuat sepatu tersebut menjadi sepatu pertama tanpa karet. Bagian atas hanya rajutan, dan di bagian bawah memakai UA Flow. Untuk menyatukan bagian tersebut digunakan konstruksi bootie yang ditempatkan pada pergelangan kaki. Harganya sendiri di kisaran AS$180 per pasang. (tor)

Foto: sneakernews.com

Komentar