IBL

NBA musim 2022-2023 dimulai pada 18 Oktober 2022. Selain pertandingannya, ada hal-hal menarik lain yang jadi pusat perhatian, seperti sepatu pemain. Di pekan pertama ini ada beberapa mereka yang mengeluarkan produk baru, dan muncul pertama kali bersama dutanya. 

Beberapa sepatu yang menarik di minggu pertama diawali dengan bintang Golden State Warriors yang memakai Curry 1 FloTro "Ring Night" dari Curry Brand. Sepatu ini berwarna putih bersih dengan aksen emas. Seperti yang kita tahu, sepatu dengan warna seperti ini hanya boleh dipakai pemain saat upacara penyerahan cincin juara. Curry yang mendapatkan cincin juara NBA keempatnya, tidak melewatkan momen berharga ini. Under Armour sebagai produsen sepatu tersebut mengaku bahwa sepatu yang dipakai Curry untuk membuka musim 2022-2023 itu sudah terjual habis secara online. Harganya sekitar 150 dolar AS. 

Curry 1 FloTro "Ring Night" dari Curry Brand (Foto: Under Armour)

Bintang Los Angeles Lakers LeBron James yang menjadi lawan Curry di malam pembuka juga tak mau kalah. Untuk pertama kalinya, James mengenakan Nike LeBron 20 di pertandingan resmi NBA. Sepatu baru yang dirilis bulan September 2022 tersebut diberi nama "Time Machine". Nike LeBron 20 memakai desain low-top, dengan beberapa detail yang menegaskan bahwa dirinya sudah melintasi beberapa generasi dan akan menjalani musim ke-20 di liga. 

Sepatu low-top lain yang menarik perhatian di minggu pertama adalah Air Jordan 2 Low "Two18". Sebagai penggemar NBA, tentunya sudah tahu siapa orang yang memakai sepatu langka seperti ini. Dia adalah PJ Tucker yang memulai musim barunya bersama Philadelphia 76ers. Sepatu ini merupakan hasil kolaborasi antara Jordan Brand dengan butik Two 18 dari Detroit. Sepatu tersebut tidak terlihat seperti sepatu basket, karena model dan warnanya terlihat lebih casual. Tucker memakainya pada saat pemasan saja. Sepatu ini di StockX, dijual seharga 200 dolar AS. 

Air Jordan 2 Low "Two18" (Foto: ESPN)

Sementara itu, duta Jordan Brand lainnya juga mencuri perhatian. Dia adalah Zion Williamson yang kembali tampil bersama New Orleans Pelicans untuk pertama kalinya sejak 2021. Williamson memakai Jordan Zoin 2 yang menjadi sepatu khas keduanya dari Jordan Brand. Kemudian sepatu Jordan Zion 2 juga dipakai oleh pemain debutan Paolo Banchero. Dia memakai jalur warna Hiper Royal, yang dominan biru dan hitam. Cocok dengan nuansa jersei Detroit Pistons. Banchero merupakan duta baru baru Jordan Brand. Sedangkan sepatu Jordan Zion 2 dilepas ke pasaran dengan harga 120 dolar AS. 

Nike Kyrie 5 Low "Tan" yang dipakai Kyrie Irving di pertandingan pertama musim 2022-2023. (Foto: NBC Sports)

Sepatu yang mencuri perhatian lainnya adalah Nike Kyrie 5 Low "Tan". Pemain Brooklyn Nets tersebut seharusnya memakai Kyrie 9 sebagai sepatu khas barunya. Namun bukan Irving namanya kalau tidak membuat sensasi. Dia malah menggunakan sepasang sepatu lama, namun dengan jalur warna yang menarik perhatian. Warnanya bernuansa coklat dan hijau, yang terlihat lebih kalem. Dari situs web Nike diketahui bahwa harga sepatu ini adalah 120 dolar AS. 

Selain sepatu-sepatu ini, masih ada beberapa merek yang juga menarik untuk diperhatikan. Seperti debut Li-Ning CJ 2 bersama CJ McCollum di pertandingan resmi. Li-Ning juga mengeluarkan produk baru yaitu JB1 yang merupakan sepatu khas milik Jimmy Butler. Kemudian DeMar DeRozan yang memakai Nike Kobe 1 PE berwarna merah menyala. 

Li Ning CJ 2 dan Anta KT 8. (Foto: Twitter Nick de Paula)

Donovan Mitchell muncul pertama kali bersama Cleveland Cavaliers dengan memakai adidas DON 4. adidas juga mengeluarkan produk baru yaitu adidas Harden Vol 7. Kevin Durant dengan Nike KD15 terbaru. Lalu yang mengesankan adalah Anta KT 8 "Gold Blooded" milik Klay Thompson. Kabarnya sepatu khas yang dipakai Thompson dalam upacara pemberian cincin juara tersebut terjual habis di situs Anta kurang dari 12 jam dengan sistem pre-order. (*)

Komentar