IBL

Begitu banyak cerita menarik yang dihimpun tim Mainbasket dari kunjungan kami ke Los Angeles, Amerika Serikat, dalam rangka menghadiri NBA All-Star Game 2018. Tak hanya mengenai pertandingan, kami bisa melihat hingar-bingar laga akbar itu dari dekat. Semoga Anda juga dapat menikmatinya dari fitur stories yang telah kami unggah di akun Instagram kami. Bila belum, maka Anda bisa menyimak kisah-kisah tersebut di situs ini.

LeBron James seakan tak bisa berhenti untuk diberitakan. Terlepas dari gelar pemain terbaik yang ia raih, sosok pemain berjuluk King itu tak bisa lepas dari kompetisi terbesar di Amerika Serikat. Ia adalah pebasket yang juga vokal dalam menyampaikan pesan serta tanggapan dari hal yang terjadi di sekitarnya.

Kebiasaan LeBron James yang vokal tersebut sejatinya menuai banyak cibiran. Di antaranya datang dari Laura Ingraham, pemandu berita Fox News. Di satu kesempatan, ia sempat mengutarakan cibirannya pada LeBron terkait komentarnya pada Presiden AS Donald Trump. Ia berkata, di siaran langsung, “shut up and dribble”. Dalam bahasa Indonesia berarti “diamlah dan bermain basket saja”.

Di program "Uninterrupted, Rolling With the Champion" ini LeBron James dan Kevin Durant menyatakan kritik pedas terhadap Donald Trump. Pernyataan mereka jadi pemicu Laura Ingraham mencibir di Fox News.

 

Walau terkesan remeh, LeBron mengambil tindakan terkait cibiran itu. Tindakan itu, salah satunya, kita temui ketika laga NBA All-Star Game 2018. Ia sempat menggunakan Nike Air Force 1 Low berwarna putih dengan tulisan di bagian luar. Tulisan itu berbunyi “More Than an Athlete”. Dalam bahasa Indonesia bermakna “Lebih dari Seorang Atlet”.

Tak hanya itu, ia juga berbicara lewat akun Instagram pribadinya. Waktu itu, ia mengunggah tulisan berbunyi “I am More Than an Athlete”. Unggahan itu dilengkapi dengan hashtag #wewillnotshutupanddribble (kami tidak akan diam dan bermain basket saja).

Cibiran itu sejatinya tak hanya ditujukan kepada LeBron. Salah satu bintang NBA, Kevin Durant, juga tak lepas dari perkataan miring. Dua bintang itu memang acap kali memberikan kritik pedas terutama kepada presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Walau begitu, Durant tak mengeluarkan komentar balasan sepedas LeBron.

Nike Air Force 1 Low "More Than an Athlete" digunakan LeBron James ketika pemanasan laga NBA All-Star Game 2018.

 

Sementara Laura Ingraham dan Fox News tidak menunjukkan pergerakan apapun terkait komentar balasan yang dilancarkan LeBron. Mereka cenderung pasif setelah media ramai membicarakan tindakan LeBron tersebut.

Apakah Fox News mati kutu dengan tindakan LeBron? Mungkin saja tidak. Fox News adalah televisi berita terpandang di Negeri Paman Sam. Bermain aman? Bisa jadi. Apalagi momen ini bertepatan dengan momen hari besar warga keturunan Afrika-Amerika. Bulan lalu, mereka merayakan hari lahir Martin Luther King Jr. yang mana adalah pahlawan hak asasi di sana. Februari ini diperingati sebagai Black History Month (BHM) yang juga sebagai bulan penting bagi mereka.

LeBron James tampaknya akan terus bersuara bila ada hal yang tak sesuai dengan apa yang ia yakini. Sejauh ini, cara LeBron cukup ampuh.

 

Baca juga: LeBron James Sampaikan Pernyataan Lewat Sepatu

Sumber Foto: NBA, Hypebeast

Komentar