IBL

Nike tak pernah absen dalam merayakan bulan penting ini. Perayaan kebangkitan masyarakat keturunan afrika tampaknya telah menjadi bagian penting untuk Nike. Mereka tak pernah absen setiap tahunnya merilis sepatu bertema Black History Month. Perayaan yang didedikasikan untuk merayakan perjuangan warga keturunan afrika meraih hak asasi mereka.

Tahun ini, tema yang mereka ambil adalah “equality” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti "kesetaraan". Sama seperti apa yang diperjuangkan para pahlawan yang dulu selalu mengutarakan kesetaraan tanpa memandang warna kulit.

Walau dirayakan setiap Februari, Nike telah merilis sembilan sepatu untuk merayakannya. Perilisan sepatu tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun Martin Luther King Jr. pada 15 Januari. Tak hanya itu, beberapa di antaranya dirilis pada 6 Februari. Berikut adalah sepatu-sepatu Nike untuk merayakan BHM 2018 yang dirilis pada 15 Januari 2018:

Nike Air Force 1 “Equality”

Sepatu ini sedang hangat dibicarakan karena sedang bersiap untuk dirilis. Detailnya pun tergolong apik. Detail paling kentara adalah tulisan “equality” di bagian belakang. Tulisan tanggal 6-28-1963 di lidah dalam sebagai pengingat hari Martin Luther King Jr. berpidato “I Have a Dream” yang terkenal itu. Kemudian aksesoris tambahan berupa gantungan berwarna emas yang juga bertuliskan “equality” jadi pemanis.

Nike Air Jordan 1 “Equality”

Seri ini terinspirasi tak hanya dari kesetaraan yang diperjuangkan Martin Luther King Jr., tapi juga dari duta mereka, Carmelo Anthony. Ia juga cukup aktif mengutarakan prinsip kesetaraan dimulai dari kota asalnya sendiri di Baltimore, Amerika Serikat.

Warna hitam dan putih dalam sepatu ini menggambarkan masa gelap dan masa terang yang terjadi di kota asalnya tersebut akibat adanya ketidakadilan pada warga keturunan afrika-amerika.

Nike KD X BHM

Di sepatu ini, tertulis tanggal 6 Mei 2014. Hari itu adalah hari dimana Kevin Durant meraih penghargaan MVP dan berpidato yang dianggap sebagai salah satu pidato terbaik NBA sepanjang masa. Ia mengutarakan rasa syukur kepada Tuhan, ungkapan terima kasih yang mendalam kepada Ibu, dan rasa haru lainnya.

Pidato tersebut tak berisi bagaimana ia meraih penghargaan itu. Lebih jauh, ia justru mengutarakan bentuk dukungan dari orang sekitar yang menjadikannya hingga sesukses ini. Sepatu kolaborasi kesepuluhnya ini akan dirilis dalam jumlah terbatas.

Nike Kyrie 4 BHM

Andalan Boston Celtics ini tak ingin menulis tanggal di sepatunya. Ia tak mau terpaku pada masa lalu dan lebih memfokuskan pada bagaimana ia di masa depan. Sepatu ini telah tersedia di gerai-gerai Nike per 15 Januari, tapi yang tersedia hanya ukuran pria dan anak-anak.

Nike Mercurial Vapor XI “Equality”

Di ranah sepak bola, Nike tetap ingin menunjukkan kesetaraan dengan sepatu bola terbarunya. Duta Nike Football, Kevin Prince Boateng dan Dani Alves akan menggunakan sepatu ini terlebih dahulu sebelum dirilis kepada publik. 

Tak hanya itu, beberapa sepatu dibawah ini sengaja diproduksi untuk memeriahkan Black History Month yang jatuh pada Februari tiap tahunnya. Anda bisa mendapatkannya di gerai-gerai Nike sejak 6 Februari 2018:

Nike Air Jordan 1 Flyknit BHM

Di bagian dalam sepatu ini, tertulis tanggal 22 November 2016. Di tanggal itu, Michael Jordan meraih Presidential Reward of Freedom dari Presiden Barrack Obama. Itu adalah penghargaan tertinggi bagi warga Amerika Serikat yang berkontribusi besar dalam bidang yang ia geluti.

Perpaduan warna hitam, merah dan hijau terinspirasi dari warna benua Afrika.

Nike LeBron XV BHM

LeBron James tak ketinggalan dalam seri ini. Siluet terbarunya yang fenomenal itu mendapat sentuhan BHM dengan warna hitam beraksen merah dan hijau. Di dalam sepatunya, tertulis 13 Juli 2016. Di tanggal itu, LeBron James mendapatkan penghargaan ESPY Awards. Ia diganjar piala tersebut karena dianggap vokal terhadap fenomena rasisme yang masih kerap terjadi dewasa ini.

Ia pun juga berhasil mengajak orang-orang di sekitarnya untuk melakukan hal yang sama dengannya. Sepatu ini akan dirilis pada Februari 2018, tapi LeBron telah memakainya lebih dulu.

Nike Air Vapormax Flyknit BHM

Sepatu ini adalah bentuk penghormatan khusus untuk Gail Devers. Ia adalah pemegang rekor lari wanita jarak 100 meter. Rekornya belum terpecahkan hingga kini. Di sepatu itu, tertulis 20 Agustus 1993. Itu adalah hari dimana Devers memecahkan rekor itu.

Devers selalu menekankan bahwa wanita, walau berkulit hitam, juga bisa membuat prestasi gemilang.

Nike Air Force 1 High BHM

Ini adalah kali pertama sepatu basket menggunakan teknologi Air Sole Unit turut serta dalam perayaan BHM. Perpaduan warna hitam, merah, hijau jadi warna yang dipilih sebagai bentuk penghormatan terhadap benua Afrika. Ditambah tulisan "equality" di tali tambahan berwarna emas sebagai bentuk tegas bahwa masa penindasan warga keturunan afrika-amerika telah berakhir.

Kabarnya, sepatu ini akan tersedia sejak 1 Februari 2018, lima hari lebih cepat dari yang direncanakan.

Sumber Foto: Nike

Komentar