IBL

Menarik ketika pemain muda seperti Chet Holmgren mengutarakan kekaguman kepada seniornya di NBA, justru bukan dari permainannya. Pemain Oklahoma City Thunder tersebut mengagumi Kevin Durant, LeBron James, dan mendiang Kobe Bryant dari sudut pandang sepatu. Karena mereka adalah pemain yang hampir setiap tahun punya sepatu khas baru. 

Holmgreen adalah duta Nike. Kedua belah pihak menandatangani kontrak multi-tahun, dengan harapan bisa membawa keuntungan. Pemain 21 tahun tersebut mengatakan pentingnya kontrak tersebut untuk masa depan kariernya. Karena dia ingin meniru kesuksesan Nike bersama tiga pemain legedaris NBA, yaitu Kevin Durant, LeBron James, dan mendiang Kobe Bryant. 

LeBron telah memiliki 21 sepatu khas dari Nike, dan tahun ini akan diluncurkan edisi ke-22. Kemudian Durant punya 16 sepatu khas, dan yang ke-17 siap diluncurkan. Sementara Kobe memiliki 16 sepatu khas dari adidas dan Nike selama kariernya. Bahkan setelah kematiannya yang tragis, dan mengingat ketenaran Kobe, Nike tetap meluncurkan seri AD (model baru), dan seri Protro (model retro). Nike tahun lalu meluncurkan Kobe Protro 8, dan rencananya akan ada model lain di masa yang akan datang. 

"Mempertahankan lini sepatu selama 20 tahun itu sungguh mengesankan. Saya tidak bisa membayangkan berapa banyak biaya yang diperlukan untuk itu," kata Holmgreen, dikutip dari Boardroom

Karier Chet Holmgren di NBA baru saja dimulai, dan jika ada indikasi awal, maka ini akan menjadi kesuksesan besar. Artinya, Holmgren kemungkinan besar akan mendapatkan sepatu khasnya suatu saat nanti, tetapi untuk saat ini, dia mengagumi banyaknya sepatu yang dimiliki Kevin Durant, LeBron James, dan Kobe Bryant.

"Melihat KD, Bron, dan Kobe memiliki sepatu baru setiap tahun selama 20 tahun adalah hal yang gila. Karena hal seperti itu tidak mudah dari sudut pandang individu pemain atau dari sisi perusahaan Nike," imbuhnya. 

Untuk sekarang, Holmgren memang belum menemukan jawaban, bagaimana kerjasama Nike dan ketiga pemain tersebut bisa berlangsung sangat lama. Namun belajar dari pengalaman, maka salah satu faktor yang bisa membuat hal ini terjadi adalah tetap sehat dan bebas dari cedera berkepanjangan. Karena perusahaan perlengakapan olahraga tidak akan mau dutanya cedera. 

Holmgren sendiri sempat melewatkan musim rookie-nya karena cedera. Tetapi dia bangkit kembali dengan memainkan semua 82 pertandingan pada musim 2023-2024. Dia rata-rata mencetak 16,5 poin, 7,9 rebound, 2,4 asis, dan 2,3 blok per gim untuk Thunder. Musim ini, Holmgren memakai sepatu Nike KD 16 dan GT Cuts. (*)

Foto: Hibbett

Komentar