IBL

Bulan Januari 2023 mendatang akan menandai dua tahun sejak meninggalnya Kobe Bryant dalam kecelakaan helikopter, yang juga merenggut nyawa putrinya. Sekarang yang menjadi pembahasan adalah masa depan lini sneaker khas Kobe Bryant dengan Nike. Karena pada dasarnya, Nike belum merilis sneaker khas Kobe sejak Mei 2022. 

Sebelum sampai pada titik pembahasan, sebaiknya tahu dulu bagaimana perjalanan kerjasama Nike dengan Kobe Bryant. Pada bulan Agustus 2018, Nike meluncurkan lini "Protro" Kobe. Sebuah program untuk merilis ulang sepatu retro Kobe Bryant dengan menyematkan teknologi baru. Saat itu, Bryant masih hidup, sehingga Nike bisa dengan mudah menentukan model mana yang dibuat untuk "Protro". Akhirnya pada periode 2018 hingga 2020 ada Kobe 1, 4, dan 5 yang dibuat seri Protro-nya. 

Menyusul peristiwa tragis pada 26 Januari 2020, maka Nike menghentikan produksi dan penjualan sepatu Kobe. Tujuh bulan kemudian, produksi Kobe 5 Protro dilanjutkan, dengan merilis warna baru. Dan, pada bulan Desember 2020, Nike merilis Kobe 6 Protro yang diberi label limited edition. Karena Kobe 6 Protro awalnya hanya wacana saja. 

Foto: Bleacher Report

Setelah kepergian Kobe Bryant, Nike lebih hati-hati dalam melangkah. Khususnya untuk menentukan strategi produksi atau penjualan produk yang terkait Kobe Bryant. Sebab, hubungan Nike dan pewaris Kobe Bryant sempat retak. Pada bulan April 2021, Vanessa sebagai mantan istri Kobe Bryant memutus kontrak dengan Nike. Namun kedua belah pihak sepakat untuk bersatu kembali pada Maret 2022. Setelah itu, Nike Kobe 6 Protro "Mambacita - Sweet 16" lahir, dan seratus persen penjualannya disumbangkan untuk Yayasan Olahraga Mamba dan Mambacita. 

Menurut Pat Benson dari Sports Illustrated Nike belum mau buka suara terkait masa dengan lini Kobe Bryant. Sudah lebih dari enam bulan, sejak peluncuran sepatu Kobe terakhir, Nike belum mengumumkan apa pun terkait lini khas Kobe Bryant. Ada rumor kalau "Prelude" Nike Kobe 6 akan diluncurkan, lalu Nike Kobe 8 Protro juga dalam pembahasan. Tapi Nike belum memberikan konfirmasi tentang rumor tersebut. 

Saat ini, sepatu Nike Kobe masih populer di NBA. Beberapa pemain masih memakainya, dan mendapatkan warna khusus atau yang sering disebut Player Edition. Tapi kegelapan dirasakan penggemar. Karena mereka tidak bisa membeli sepatu tersebut. Penggemar yang ingin membeli sepatu Kobe terbaru, tidak tersedia di toko. Padahal dari sisi bisnis, meski Kobe Bryant sudah meninggal, banyak penggemar setia bintang Los Angeles Lakers masih meniru "Mamba Mentality". Dengan kata lain, tidak ada ruginya bagi Nike untuk merilis sepatu lini Kobe Bryant terbaru di pasaran. 

Dikutip dari data Kixstats.com, Nike Kobe 6 Protro masih menjadi sneaker yang paling banyak dipakai oleh pemain NBA selama bulan November 2022. Sementara di posisi kedua ditempati oleh Nike Kobe V Protro, disusul Nike PG 6, Nike LeBron XX, dan Nike Air Zoom G. T. Cut 2. Dari presentase merek sepatu di NBA, Nike paling mendominasi dengan 61,9 persen dari jumlah total pemain NBA. (*)  

Foto: News24Viral.com

Komentar