IBL

Nike melalui CEO John Donahoe, mengumumkan akan menghidupkan kembali lini sepatu Kobe Bryant. Pelucuran kembali Nike Kobe ini bertepatan dengan peringatan Kobe Day, 24 Agustus 2023. Tetapi kebangkitan lini sepatu mendiang Kobe Bryant ini menimbulkan pro dan kontra dari para penggemarnya. 

Meskipun tidak ada detail spesifik yang dibagikan mengenai model baru atau rilis ulang, kemitraan antara Nike dan Vanessa Bryant, janda mendiang Kobe, menjanjikan masa depan yang menarik bagi para penggemar sepatu khas Kobe Bryant. Peluncuran kembali juga akan mencakup produk yang didedikasikan untuk putri mereka, Gigi, yang meninggal secara tragis bersama ayahnya dalam kecelakaan helikopter pada Januari 2020.

Peringatan warisan Kobe Bryant memainkan peran penting dalam rencana masa depan merek tersebut. Donahoe menyatakan kegembiraannya untuk peluncuran ulang yang akan datang. Sebelumnya, mereka sudah merilis Kobe 4 Protro "Mambacita" yang ikonik untuk merayakan ulang tahun ke-17 mendiang Gianna Bryant. 

Vanessa Bryant menyatakan kebanggaannya dengan sepatu mendiang suaminya. Dia juga mengomentari popularitas sepatu ini kalangan pemain NBA dan penggemar global. Dalam kemitraan baru ini, Nike akan mendonasikan 100 persen hasil bersih dari sepatu Gianna setiap tahunnya ke Mamba dan Mambacita Sports Foundation. Sebagai bagian dari kemitraan baru, para penggemar dapat berharap untuk bisa mendapatkan produk Kobe dan Gigi di tahun-tahun mendatang.

Tetapi dari penggemar yang mendukung produk ini, ada juga yang kurang suka dengan langkah Nike. Ketika berita peluncuran ulang sepatu Kobe tersebar di internet, para sneakerhead terlalu bersemangat, namun juga khawatir. Kekhawatiran ini tentang apakah mereka akan mendapatkan sepatu Kobe yang diluncurkan kembali. Fans membanjiri platform media sosial dengan komentar mereka yang prihatin dan menuduh Nike melakukan bisnis yang tidak bagus. 

Mereka tidak suka karena Nike biasanya merilis sepatu Kobe terbaru dengan label limited edition. Artinya, sepatu ini akan menjadi mangsa dari para reseller. Masalahnya adalah ketika reseller membeli semua sneaker langsung dari situs asli merek tersebut tanpa memberikan kesempatan kepada fans untuk mendapatkannya. Para reseller juga menjualnya kembali sepatu tersebut dengan harga lebih tinggi.

Oleh karena itu, yang mereka inginkan dari Nike adalah memproduksi sepatu Kobe yang cukup untuk para penggemar dan sneakerhead Kobe sehingga mereka dapat membelinya dengan harga yang pantas tanpa mengkhawatirkan bisnis penjualan kembali. (*)

Foto: Sportskeeda

Komentar