IBL

Wafatnya Kobe Bryant juga meninggalkan pukulan telak bagi Nike selaku sponsor utama. Kabar ini tentu mengejutkan jajaran tim penjualan yang sudah menyusun segala macam rencana rilis produk hingga iklan. Alih-alih tetap dengan rencana tersebut, Nike telah menghapus seluruh direktori produk Kobe Bryant meliputi sepatu dan pernak-pernik olahraga lainnya.

Melansir ESPN, Nike mengkonfirmasi bahwa seluruh ketersediaan produk Kobe Bryant di situs pembelian daringnya telah habis sejak hari senin waktu Amerika Serikat. Alih-alih mengisi kembali rak jualan, SI Contreng justru membiarkannya. Seluruh pencarian dengan kata kunci “Kobe” atau “Kobe Bryant” tertuju pada sebuah kartu ucapan perpisahan.

Meski demikian, mereka tidak semerta-merta menarik seluruh produk Kobe tersisa di gerai dan toko lain di dunia. “Masih ada produk-produk Kobe Bryant di luar sana,” kata juru bicara Nike kepada ESPN. Gerai sneaker seperti Foot Locker dan Stadium Goods juga tetap menjajakan barangnya seperti biasa namun sementara waktu. Terkait dengan rencana ini, Business Insider menyebutkan bahwa Nike akan mengevaluasi seluruh sistem produksi dan distribusi pernak-pernik Kobe Bryant.

Matt Powell, analis ekonomi dan bisnis dari NDP memandang keputusan Nike ini merupakan bentuk simpati. “Nike tidak ingin tampak mengambil keuntungan besar dari kecelakaan Kobe Bryant,” tuturnya dalam sebuah wawancara untuk NBC News. Ia mengamati bahwa harga sepatu Si Black Mamba di pasar sekunder akan meningkat dalam beberapa waktu dekat. “Bila Nike merilis varian lain di masa mendatang, saya prediksi harganya akan turun,” sebutnya.

Harga sepatu basket Kobe Bryant telah melonjak di pasar stockX. Daftar pencarian untuk "Kobe" memunculkankan 553 pasang unggahan baru dilabel jual. Semua terdaftar dengan harga cenderung tinggi. Rata-rata senilai ratusan dolar dengan beberapa model eksklusif mendekati angka AS$1.000.

Akan tetapi, tidak semuanya ulah para pengepul. StockX secara khusus akan menyediakan Nike Zoom Kobe 5 edisi “Big Stage Home” yang akan dilelang dengan harga pembuka AS$924. Seluruh hasilnya akan disumbangkan ke Bryant Family Foundation. (ajb)

Foto: Allen Berezovsky/Getty Images

Komentar