IBL

Tahun 2019 boleh jadi tahun yang sangat sibuk bagi tim pemasaran Nike. Demi meningkatkan atensi, mereka bekerja sama dengan pihak-pihak potensial yang dirasa punya kapabilitas dalam memperluas atensi khalayak ramai. Proyek kali ini dinamakan NBA 2K20 x Nike Gamer Exclusive Program.

Kolaborasi keduanya punya nilai jual yang menarik dan bisa menggabungkan pecinta sneaker juga pemain gim. NBA 2K melalui babak My Player Nation memberikan tantangan bagi siapa saja yang bisa mengalahkan rekor Kobe Bryant di laga Natal tahun 2004 untuk mendapatkan hadiah virtual sebuah Nike Kobe 5 Protro “Chaos”. Rekor yang dimaksud adalah membuat lebih dari 42 poin dalam satu gim.

Laga tersebut dlayak diingat karena Kobe Bryant dan Shaquille O’Neal bertemu sebagai lawan setelah keduanya sama-sama moncer di Los Angeles Lakers.  Turut bermain pula Dwyane Wade yang berada di kubu Shaq. Konferensi pers pascagim juga seru setelah kedua pemain saling lontar argument panas. Pertandingan ini dimenangkan Lakers dengan 104-102. Eksekusi tiga angka Si Mamba di detik terakhir jadi penentu kemenangan. Meski demikian, Lakers maupun Heat harus gigit jari. Musim 2004-2005 jadi milik San Antonio Spurs dan Steve Nash didapuk sebagai MVP liga.

Sepatu khusus kelima Kobe Bryant kali ini diberi warna yang terinspirasi dari sosok Joker. Padanan hijau, hitam, dan ungu disematkan. Nama Chaos dipilih sebagat pendukung tema yang diusung sekaligus mengingatkan bagaimana determinasi Sang pemain di laga Natal 15 tahun lalu.

Dua bulan lalu, Nike dan NBA 2K juga membuat kampanye serupa. Siluet LeBron 17 adalah hadiahnya. Sepatu LeBron James tersebut diberi warna ungu di sekujurnya. Detail pendukung yang tersemat menggambarkan konsol gim pecinta basket NBA tersebut. Tanggal 29 Oktober 2019 dipilih untuk hari perilisannya.

“Kami merasa bangga bisa menghadirkan sepatu yang dipakai para pemain nomor wahid di liga langsung di gim NBA 2K. Kerja sama dengan Nike diharapkan memberi pengalaman baru bagi pemain. Tentu saja kami punya yang lain dalam waktu yang akan diumumkan lebih lanjut,” tutur Alfie Brody, Ketua Bidang Pemasaran Global NBA 2K kepada Sole Collector. Kabarnya, akan hadir 10 sepatu virtual yang bisa didapatkan dengan menyelesaikan misi-misi tertentu.

TIdak hanya virtual, Nike pun telah mengkonfirmasi bahwa ke-10 sepatu tersebut dapat dibeli melalui aplikasi pembelian daring. Gambaran produk akan ditampilkan terlebih dahulu di NBA 2K. Dua sepatu sudah dilepas, maka delapan lagi akan mendapat perlakuan yang sama sepanjang musim 2019-2020. (ajb)

Foto: Nike

Komentar