IBL

Sepatu LeBron James dengan Nike terus berlanjut. Setelah musim lalu bermain memakai LeBron 16, kini penggawa Los Angeles Lakers itu akan mendapat sepatu khusus edisi ke-17.

Nike selaku sponsor belum membeberkan informasi apapun terkait hal ini. Namun demikian, Sang pemain-lah yang mempublikasikannya sendiri melalui fitur Stories di akun Instagramnya beberapa hari lalu. Ia juga memakainya kala berlatih di Nike Campus bertempat di Oregon. Di sana, LeBron bersua juga berfoto dengan Kyllian Mbappe yang juga merupakan duta Nike di bidang sepak bola.

Fisik LeBron 17 sekilas memiliki beberapa perbedaan. Bagian atas tetap memakai bahan nilon yang serupa dengan BattleKnit namun dengan tekstur berbeda. Sejenak mengingatkan pada kain wol. Bagian sol memuat bantalan Zoom. Bagian tumit tampak serupa dengan bantalan udara yang ada di Nike Air Max 270. Setidaknya sekitar 3/4 porsi bantalan dipenuhi  Begitu pula dengan formasi temali yang dibuat berbeda dengan seri sebelumnya.

Sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai Nike LeBron 17. Perubahan-perubahan dari prototipe yang ditampilkan memang masih bisa berubah sewaktu-waktu. Meski demikian, sedikit bocoran ini setidaknya memberi gambaran seperti apa tampilannya nanti. Penantian sepatu baru dari para penggemar pemain berjuluk Sang Raja itu sedikit terpuaskan.

Untuk urusan sepatu khusus, hanya Michael Jordan yang sepatunya diproduksi hingga edisi puluhan. LeBron James akan jadi seperti Jordan asal ia terus bermain gemilang. Setidaknya, Los Angeles Lakers punya siaran televisi terbanyak musim depan. Hal itu bisa bermanfaat bagi promosi penjualan sepatunya. Di sisi lain, kehadiran Anthony Davis diharapkan akan memperbaiki performa tim di musim mendatang.

LeBron boleh jumawa akan hal ini. Sayangnya, popularitas sepatunya masih di bawah Air Jordan. Di kultur sneaker, sepatu khusus basket tersukses itu masih jadi idola para penggiatnya. Hal tersebut terbukti dari harga jual kembali yang tinggi terutama untuk edisi-edisi tertentu. Nike LeBron mungkin dapat mencapai status demikian. Namun, Nike perlu bekerja lebih keras mengingat siluet ini didesain sangat “basket”. Sementara Air Jordan, bagi para kolektornya, punya tampilan yang dianggap mumpuni digunakan untuk jalan-jalan santai.

Foto: Allen Berezovsky/Getty Images, akun Instagram @street8oy, Bleacher Report

Komentar