IBL

Pada pertengahan 2017 lalu, Nike telah memperkenalkan teknologi Nike React di Hyperdunk 2017 dan Air Jordan Super.Fly 2017 yang digunakan Nick Young dan Draymond Green. Kini, mereka bersiap untuk merilis inovasi sol terbaru tersebut pada sepatu lari.

Sepatu lari terbaru itu diberi nama Nike Epic React 2018. Sepatu ini memang masih berbentuk prototipe, tapi siluet yang nantinya akan dirilis pada 22 Februari 2018 tak memiliki banyak perbedaan dengan penampakan tersebut.

Di sepatu ini, sol bagian belakang dibuat lebih panjang dari bagian tumit. Hal ini bermanfaat untuk meredam berat badan lebih banyak ketika Anda berlari menggunakan sepatu bersol sama panjang dengan bagian atas seperti sepatu pada umumnya. Redaman berat itu akan membantu Anda berlari lebih jauh serta membuat kaki Anda lebih nyaman ketika menapak di tanah.

Sejauh ini, belum ada kabar lebih lanjut mengenai perilisan resmi Nike Epic React 2018. 

 

Apa itu Nike React?

Nike React adalah inovasi Nike untuk mengakomodasi permintaan atlet tentang sepatu yang ringan, tapi tetap nyaman dipakai saat berlari. Atas dua hal itu, Nike berinisiatif membuat sol yang ringan dan nyaman menggunakan busa (foam).  Busa yang dimaksud tentunya sudah melalui berbagai uji coba dan tes sehingga mampu beradaptasi dengan kaki atlet.

Revolusi sol untuk olahraga ini mengacu pada tiga hal yang dimiliki oleh sol dari busa: ringan, tahan banting, dan awet. Ketiga hal tersebut ditemukan setelah Nike melakukan penelitian dalam menemukan ketebalan busa untuk disematkan ke semua sepatu berteknologi Nike React. Pernyataan tersebut disampaikan Ernest Kim, direktur bidang inovasi Nike, melalui situs resmi mereka.

Salah satu tahap yang dilakukan Nike dalam penelitian ini adalah pemetaan tekanan kaki. Tekanan kaki tersebut dibagi kedalam beberapa gerakan dasar seperti berlari, berjalan, dan melompat. Busa yang telah tersemat di Nike Hyperdunk 2017 dan Nike Air Jordan Super.Fly 2017 diuji dengan uji ketahanan selama 2000 jam.

Nike React Sole telah diperkenalkan sejak Agustus 2017, tapi penelitian tekonologi di sepatu lari ini masih berlanjut. Hal ini dibuktikan setelah kemunculan foto sepatu Nike Epic React 2018 di atas. Evolusi teknologi ini digadang-gadang mampu menggoyang dominasi sol boost besutan adidas.

Sumber Foto: Nike, NBA, Sneaker News

Komentar