IBL

Luka Doncic mulai memasuki fase perjalanan kerjasama sneaker lebih mendalam lagi. Ia baru saja mendapatkan logo pribadi. Sama seperti para seniornya seperti Michael Jordan, Chris Paul, hingga Carmelo Anthony.

Pengumuman logo tersebut sekaligus sebagai momen pengenalan edisi personal Air Jordan 36 PE Luka Doncic. Warna yang ditampilkan kental dengan seragam tanding Dallas Mavericks. Yaitu biru, putih, dan hijau. Detail dilengkapi dengan bantalan berwarna putih berhias glitter. Serta sol karet berwarna bening untuk menyediakan traksi.

Logo ditempatkan di bagian punggung sepatu, tepat pada panel pelindung tali sepatu. Bentuknya adalah serapan dari LD77. LD tak lain adalah singkatan dari namanya. Sementara 77 merupakan nomor seragam tanding di Mavs dan tim nasional Slovenia.

Prestasi ini terbilang mentereng, terutama bagi pemain non-Amerika Serikat yang baru bermain tiga musim di NBA. Itu artinya Doncic punya peluang besar untuk jadi sosok besar di masa mendatang. Kapabilitasnya telah diakui. Bahkan pihak sponsor berani melakukan gebrakan untuk meningkatkan branding personalnya.

Nick DePaula dari ESPN telah mengabarkan bahwa ia direncanakan untuk mengenalkan logo barunya di ajang Olimpiade Tokyo 2021 saat membela tim nasional Slovenia. Ini juga bisa menjadi sebuah awalan gemilang untuk Doncic ke depannya.

Sementara siluet Air Jordan 36 jadi senjata utama Jordan untuk mendobrak pangsa pasar sepatu basket untuk musim 2021-2022. Sebuah perjalanan edisi sepatu basket yang cukup panjang. Menandakan bahwa merek di bawah naungan Nike itu masih punya taji di pangsa pasar sepatu basket Amerika Serikat.

Dalam data yang dihimpun oleh kixstats.com, Jordan tidak sanggup masuk ke dalam daftar 10 besar sepatu basket terpopuler musim 2020-2021. Kehadiran bermacam edisi Nike Kobe nyatanya mampu menggeser Jordan. Bahkan Adidas hanya menempatkan satu edisi di daftar itu, yaitu Adidas Dame 7.

Capaian Doncic di atas sebanding dengan tuntutannya untuk menangkat pamor Air Jordan. Merek yang justru dikenal dengan sepatu-sepatu gaya hidup berakar pada kultur basket. Apa lagi kalau bukan berbagai edisi Air Jordan 1 serta sejumlah rilisan lain. Kepopuleran di kancah gaya hidup sudah tidak usah diragukan lagi. Tapi untuk urusan sepak terjang di lapangan basket, itu sudah beda lagi.

Doncic adalah satu dari sejumlah duta yang harus meningkatkan pamor Jordan sebagai penyedia sepatu basket keren berperforma tinggi. Caranya adalah dengan berprestasi sebaik mungkin di level klub maupun tim nasional.

Tak lupa ia harus bisa ‘menjual’ dirinya sebagai sosok keren di luar lapangan kayu. Sehingga ia bisa memberi dampak besar bagi Jordan yang ia pilih sebagai sponsor utama. (ajb)

Foto: Nike News

Komentar