IBL

Las Vegas Aces kembali ke babak puncak WNBA. Mereka menumbangkan Seattle Storm 3-1. Pada gim keempat yang berlangsung di Climate Pledge Arena (6/9) itu, Aces mengalahkan Storm dengan skor akhir 97-92.

Ini menjadi final ketiga sepanjang sejarah tim. Dalam tiga kesempatan itu, Aces memang belum pernah merebut gelar. Final pertama terjadi pada 2008 saat masih bernama San Antonio Silvers Stars. Lalu mereka pernah melangkah ke final WNBA 2020 namun kalah 0-3 oleh Seattle Storm.

Storm mendominasi paruh pertama dengan mencetak total 45 poin. Momentum Aces terjadi di awal kuarter ketiga melalui tripoin Chelsea Gray. Aces mengambil alih kedudukan dengan 49-47. Mereka berhasil mempertahankan keunggulan tersebut hingga akhir.

“Ketika Chelsea mengguncang arena, hal terbesar yang ada dalam pikiran saya adalah menyingkir darinya. Para akhirnya, Anda harus menyingkir dan membiarkan mereka melakukan hal tersebut,” kata A’ja Wilson dikutip dari ESPN.

Dalam gim tersebut Aces mencetak total 36/64 tembakan dengan 10/22 tripoin. Mereka juga memanfaatkan 15/19 tembakan gratis. Kedua tim sama-sama memperoleh total 34 rebound.

Gray kemudian meraih dobel-dobel 31 poin dan 10 asis. Ia menembak 13 dari 22 kesempatan dengan 4 dari 8 tripoin. Begitu juga dengan A'ja Wilson yang mencetak 23 poin, 13 rebound, dan tiga blok. Jackie Young 18 poin dan lima rebound. Kelsey Plum 15 poin.

Breanna Stewart menjadi top skor dengan 42 poin dan tujuh rebound. Pada paruh pertama ia sudah meraih 26 poin. Stewart mencetak rekor sebagai pemain dengan poin terbanyak di paruh pertama selama babak playoff. Mengalahkan Angel McCoughtry dengan 24 poin pada 2011 lalu.

Lalu Jewell Loyd 29 mendominasi Storm dengan menyumbang 29 poin. Tina Charles memberikan sembilan rebound. Ini juga menjadi gim terakhir Sue Bird. Pada gim tersebut ia menyumbang 8 poin dan 8 asis untuk Storm.

Musim ini Aces telah memenangkan satu gelar dari Commissioner’s Cup. Setelah memastikan final WNBA 2022, kini mereka menantikan pemenang antara Connecticut Sun dan Chicago Sky. Gim kelima mereka akan berlangsung lusa. (rag)

Foto: WNBA

Komentar