IBL

Kejutan terjadi di 3x3 Olimpiade Tokyo untuk kategori putri. Tim 3x3 putri Jepang berhasil menumbangkan Amerika Serikat dengan skor 20-18, Selasa siang, 27 Juli 2021. Jepang menghentikan 12 kemenangan beruntun tim 3x3 putri Amerika Serikat. Jepang akan berhadapan dengan Italia di babak perempat final.

Amerika Serikat punya kesempatan menutup babak penyisihan yang memakai sistem round-robin dengan kemenangan sempurna (7-0). Tapi itu hanya wacana semata, sebab Jepang bisa menghentikan dominasi Amerika Serikat.

Turun dengan kekuatan inti, Amerika Serikat unggul 5-0 berkat Stefanie Dolson. Dengan tinggi 1,95 meter, Dolson dengan mudah bisa mencetak poin. Kemudian, Jepang bangkit lewat performa cantik Mai Yamamoto. Pemain 21 tahun itu berhasil melewati penjagaan Jackie Young yang lebih tinggi darinya. Mai menggunakan kecepatan untuk melakukan drive dan layup. Young kesulitan untuk menghentikan gerakannya.

Jepang sempat tertinggal 9-14 di pertengahan gim. Tapi mereka punya mental yang tangguh untuk tetap fokus pada permainan. Stephanie Mawuli juga tampil bagus dengan menghentikan Kelsey Plum.

"Saya senang dengan kemenangan ini. Kami tahu, Amerika Serikat kuat. Tetapi kerja tim kami bagus. Kami juga yakin bisa mengalahkan mereka. Saya percaya itu. Yang penting kami menikmati permainan dan tidak pernah hilang fokus," kata Mawuli, dikutip dari fiba.basketball.

Mai Yamamoto mencetak 8 poin dengan akurasi tembakan dua angka 2/5. Stephanie Mawuli menambahkan 6 poin. Disusul Mio Shinozaki (4 poin), dan Risa Nishioka (2 poin). Di tim Amerika Serikat, Stefanie Dolson mencetak 7 poin, diikuti Allisha Gray (5 poin), Jackie Young (4 poin), dan Kelsey Plum (2 poin).

Selanjutnya, Jepang akan berhadapan dengan Italia di babak perempat final. Sementara Amerika Serikat sudah memastikan diri masuk semifinal, karena menempati peringkat pertama di klasemen. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar