IBL

Boston Celtics mungkin beruntung kali ini. Mereka bisa lolos dari kejaran Portland Trail Blazers, dan menutup gim dengan kemenangan 128-124, Minggu, 2 Agustus 2020 waktu setempat. Trail Blazers mampu berbalik unggul setelah tertinggal 24 poin. Tapi Celtics di menit-menit akhir mampu bertahan dari gempuran Damian Lilliard dan CJ McCollum.

Saat kuarter kedua berakhir, Celtics unggul 67-48. Tetapi keunggulan ini sama sekali tidak membuat Celtics bisa bernafas lega. Sebab, kegigihan pemain Blazers bisa membuat skor mendekat 86-94 di akhir kuarter ketiga.

Berlanjut ke kuarter keempat. Lillard semakin ganas dan puncaknya, floating Hassan Whiteside yang memanfaatkan asis dari Lillard sukses membalikkan keadaan menjadi 103-101 untuk Blazers. Lillard menambah dua poin setelahnya, 105-101 lewat step back jump shot.

Drama ini semakin seru mendekati usai. Kedua tim saling bergantian memimpin pertandingan. Beruntung Jayson Tatum, Jaylen Brown, dan Gordon Hayward mampu membuat Celtics tetap unggul meski hanya terpaut empat poin saat laga usai.

Jayson Tatum mencetak 34 poin ditambah 8 asis. Tatum tampil lebih baik daripada gim sebelumnya. Tatum hanya mencetak lima poin (2 dari 18 percobaan tembakan) saat Celtics kalah 112-119 dari Milwaukee Bucks beberapa hari lalu. Kali ini Tatum membuktikan bahwa dirinya adalah bintang muda yang serbaguna. Sementara Jaylen Brown bisa mencetak 30 poin, disusul Gordon Hayward (22 poin), dan Kemba Walker (14 poin).

Damian Lillard memimpin perolehan poin Trail Blazers dengan torehan 30 poin, dan ditambah 16 asis. Jusuf Nurkics menambahkan 30 poin, dan CJ McCollum menyumbang 17 poin. Di gim kali ini, penampilan Carmelo Anthony menurun dibandingkan di sebelumnya. Ia menyumbang 13 poin (5 dari 14 percobaan tembakan).

Kedua tim sekarang sama-sama pernah menang dan kalah di Orlando. Celtics tetap menghuni peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor 44-22. Sedangkan Trail Blazers masih di peringkat sembilan dengan rekor 30-38. Blazers akan semakin sulit mengejar Memphis Grizzlies yang terpaut dua kemenangan.

Boston Celtics selanjutnya bertemu Miami Heat, pada hari Selasa, 4 Agustus 2020 waktu Amerika Serikat. Sedangkan Portland Trail Blazers sudah ditunggu Houston Rockets di hari yang sama. (tor)

Foto: NBA

Komentar