IBL

Minggu malam, 30 Desember 2018, waktu setempat, Portland Trail Blazers menggelar laga terakhir mereka tahun ini. Menjamu Philadelphia 76ers di Moda Center at the Rose Quarter, Portland, Oregon, Amerika Serikat, Blazers tampil perkasa. Absennya Joel Embiid, senter andalan Sixers lantaran cedera lutut dimanfaatkan dengan sempurna oleh Blazers. Sudah unggul hingga 29 poin di paruh pertama, Blazers melenggang mulus di sisa laga dan menutupnya dengan kemenangan 129-95.

Tidak hadirnya Embiid membuat area bawah ring Sixers sangat mudah ditembus. Dari keseluruhan 129 poin Blazers, 58 di antaranya datang di area kunci (paint area). Selain itu, tangan-tangan “wangi” Blazers juga membawa mereka total memasukkan 59 persen tembakan (49/83). Di belakang garis tripoin, Blazers juga mampu memasukkan 12/22 tembakan yang setara dengan 54 persen. Dua persentase tersebut merupakan persentase tertinggi Blazers musim ini dalam satu laga.

Hasil ini membawa Blazers menutup tahun dengan kembali ke jalur kemenangan. Di laga sebelumnya, Blazers harus menelan kekalahan atas Golden State Warriors. Dalam 10 laga terakhir, tim asuhan Terry Stotts menorehkan persentase kemenangan 50 persen (5-5). Selain itu, kemenangan ini juga semakin memanaskan persaingan delapan besar klasemen sementara Wilayah Barat. Blazers bertengger di peringkat tujuh dengan rekor menang-kalah (21-16).

Sebaliknya bagi Sixers, kekalahan ini membuat mereka harus menutup tahun dengan pahit. Kekalahan ini menjadi kekalahan kelima dalam 10 laga terakhir. Pun begitu, Sixers masih belum tergoyahkan dari empat besar klasemen sementara Wilayah Timur. Anak-anak asuh Brett Brown mengantongi 23 kemenangan dari 37 laga.

C.J. McCollum keluar sebagai top skor di laga kali ini usai mengemas 35 poin dan 3 rebound dengan 26 di antaranya datang di paruh pertama. Hebatnya lagi, McCollum hanya butuh waktu 28 menit dan mencatatkan akurasi hingga 72 persen (13/18). Ia juga memasukkan 4/7 tripoin dan 5/5 tembakan gratis (free throw).

Al-Farouq Aminu menyusul dengan 16 poin dan 8 rebound sementara Damian Lillard mengemas 15 poin, 7 rebound, dan 5 asis. Jusuf Nurkic melengkapi ketangguhan barisan pemain utama (starter) Blazers dengan 14 poin dan 7 rebound. Seluruh starter Blazers sudah duduk di bangku cadangan di akhir-akhir kuarter tiga dan tak lagi tampil di kuarter empat.

Ben Simmons menjadi pencetak angka terbanyak untuk Sixers dengan 19 poin dan 3 rebound selama 25 menit. J.J. Redick menyusul dengan 11 poin  dan 3 steal. T.J. McConnell yang memulai laga dari bangku cadangan menambahkan 14 poin dan 3 rebound. Jimmy Butler tampil selama 26 menit, tapi hanya memberi sumbangsih 5 poin, 3 rebound, dan 5 asis dengan 2/12 (17 persen) tembakan masuk. Furkan Korkmaz dan Demetrius Jackson melengkapi daftar setelah masing-masing mengemas 10 poin.

Kedua tim akan melanjutkan perjalanan mereka musim ini pada 1 Januari 2019. Sixers masih akan berstatus tamu dengan mengunjungi tim Wilayah Barat lainnya, Los Angeles Clippers. Setali tiga uang, Blazers akan menyandang status tamu di laga selanjutnya saat mereka berhadapan dengan Sacramento Kings. (DRMK)

Foto: Twitter, @trailblazers

 

Komentar