IBL

Setelah menutup tahun 2018 dengan kekalahan atas Portland Trail Blazers, Philadelphia 76ers membuka 2019 dengan melawan Los Angeles Clippers. Bertandang ke Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Sixers tampil digdaya. Selalu unggul sejak awal laga yang digelar Selasa malam, 1 Januari 2019, waktu setempat, Sixers mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 117-111.

Joel Embiid yang absen di laga sebelumnya lantaran masalah pada lututnya menjadi tokoh utama kemenangan ini. Tampil selama 35 menit, ia menatatkan dobel-dobel, 28 poin, 18 rebound, dan 3 blok dengan akurasi keseluruhan 47 persen. Sepanjang musim, Embiid memang menjadi top skor tim dengan rataan 26,5 poin per gim. Selain itu ia juga menjadi pengumpul rebound terbanyak untuk Sixers dengan 13,3 rebound per laga.

J.J. Redick menjadi top skor kedua untuk Sixers usai membukukan 18 poin dan 2 rebound. Ia memasukkan 5/11 tembakan  dengan 4 di antaranya adalah tripoin. Jimmy Butler mengemas 16 poin dan 7 rebound tapi harus masuk ke ruang ganti lebih dulu lantaran terkena ejected setelah terlibat saling dorong dengan Avery Bradley.

Ben Simmons nyaris mencatatkan tripel-dobel dengan 14 poin, 9 rebound, dan 8 asis. Dari bangku cadangan, dua pemain menjadi penyumbang terbesar. T.J. McConnell mencatatkan 11 poin plus 4 steal sementara Mike Muscala membukukan 10 poin dan 4 rebound.

Dari kubu Clippers, empat pemain membukukan setidaknya 20 poin di laga ini dengan dua pemain berstatus pemain utama (starter) dan dua lainnya adalah cadangan. Lou Williams yang mengawali laga dari bangku cadangan menjadi yang terdepan dengan  22 poin, 5 rebound, dan 4 asis. Tobias Harris dan Danilo Gallinarii menyumbang jumlah poin yang sama. Harris membukukan 21 poin dan 6 rebound sementara Gallinari mencatatkan 21 poin dan 7 rebound. Monterzl Harrell melengkapi daftar dengan dobel-dobel, 20 poin plus 10 rebound.

Meski hasil ini membawa Sixers membuka tahun dengan sempurna, kemenangan ini tak merubah posisi mereka di klasemen. Tim asuhan Brett Brown ini masih tertahan di peringkat empat klasemen sementara Wilayah Timur dengan 24 kemenangan dari 38 laga yang sudah dimainkan. Masih ada Indiana Pacers, Toronto Raptors, dan Milwaukee Bucks yang memiliki rekor lebih baik dari Sixers.

Sebaliknya untuk Clippers, selain membuka tahun baru dengan hasil buruk, kekalahan ini juga membuat mereka kini mengantongi dua kekalahan beruntun. Tim yang dilatih Doc Rivers ini harus rela turun ke peringkat lima klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah (21-16).

Kedua tim akan melawan musuh yang sama untuk laga selanjuntya, yakni Phoenix Suns. Sixers akan lebih dulu mengunjungi markas tim terbawah Wilayah Barat tersebut, esok hari. Sementara Clippers baru akan mengunjungi Suns pada Jumat malam, 4 Januari 2019, waktu setempat.

Foto: Twitter, @sixers

 

Komentar