IBL

Philadelphia 76ers melawat ke kandang Miami Heat di Florida dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Mereka pun mencuri satu kemenangan dari Tuan Rumah dengan skor 124-114 di AmericanAirlines Arena, Miami, Florida, Amerika Serikat, Senin 12 November 2018 waktu setempat. Joel Embiid, senter andalan Sixers, menjadi aktor utama dalam  kemenangan ini dengan mencetak dobel-dobel 35 poin dan 18 rebound.

J.J. Redick, pemain Sixers lainnya, juga tampil gemilang dengan 25 poin. Ia memasukkan 55 persen tembakan, termasuk 3 dari 9 tripoin. Furkan Korkmaz lalu menambahkan 16 poin dari bangku cadangan. Ben Simmons 13 poin, 7 rebound, dan 7 asis sementara Mike Muscala 13 poin dan 8 rebound.

Di kubu lawan, Heat mendapat suntikan dari Goran Dragic yang mencetak 22 poin.

Sixers memenangkan pertandingan dengan tampil konsisten di tiap kuarter. Mereka bisa mencetak 32 poin, kecuali di kuarter empat (28). Sementara itu, senter Heat kesulitan menjaga Embiid dan terus melakukan pelanggaran terhadapnya. Para pemain besar mereka sedikitnya melakukan 13 pelanggaran selama empat kuarter. Embiid pun memanfaatkan tembakan gratis untuk mendulang poin.

Sixers sebenarnya tidak tampil dengan skuat penuh. Mereka belum bisa memainkan Jimmy Butler yang masih dalam proses transaksi dengan Minnesota Timberwolves. Mereka menukar Dario Saric dan Robert Covington untuknya sehingga ada kekosongan dalam tim.  

Meski tampil tanpa Saric dan Covington, Sixers tetap bisa unggul 32-26 di kuarter pertama. Kepala Pelatih Brett Browns memasang Wilson Chandler sebagai pengganti Saric. Sementara itu, penembak jitu J.J. Redick bergeser ke posisi tiga ketika Ben Simmons dan Markelle Fultz bergantian mengisi posisi satu dan dua.

Heat, di sisi lain, tidak diperkuat dua pilarnya seperti Dion Waiters dan James Johnson akibat cedera. Itu belum lagi dihitung dengan absennya Dwyane Wade yang memutuskan untuk menghabiskan waktu untuk keluarga. Kepala Pelatih Erik Spoelstra mengatakan, timnya baik-baik saja dengan keputusan Sang Pemain yang absen demi putrinya. Namun begitu, tanpa mereka pun Heat masih bisa membayangi lawannya hanya dengan terpaut enam poin. Mereka bahkan sempat membalikkan keadaan di kuarter dua.

Heat memasukkan 4 dari 4 tripoin di awal kuarter itu. Mereka memanas sehingga unggul 41-34. Namun, Sixers juga tidak tinggal diam. Mereka kembali unggul setelah mencetak 32 poin lagi. Klub asal Philadelphia itu memimpin 64-62.

Heat terus menekan di kuarter tiga, tetapi senter Hassan Whiteside rupanya harus berurusan dengan wasit. Ia telah melakukan empat pelanggaran di menit 10:48 kuarter itu sehingga ia menyerahkan kekuasaannya menjaga Embiid kepada Bam Adebayo. Namun, Adebayo kesulitan menahan senter berkaliber All-Star itu di bawah ring. Embiid sudah mencetak dobel-dobel 29 poin dan 13 rebound dalam tiga kuarter sementara timnya lagi-lagi mencetak 32 poin dalam satu kuarter.

Sixers unggul 96-90.

Di kuarter empat, ruang gerak Whiteside semakin terbatas karena ia menerima pelanggaran kelimanya di menit 8:28. Kelly Olynyk juga mengalami hal serupa sementara Embiid—yang banyak dilanggar—memanfaatkan tembakan gratis untuk mendulang angka. Ia menerima sedikitnya 20 tembakan gratis dan mengonversinya menjadi 16 poin. Tembakan-tembakan gratis itu pun membuat Sixers menang 124-114.

Dengan kemenangan ini, Sixers pun mencatat rekor 9-6. Mereka akan melanjutkan perjalanan ke bagian Florida lainnya untuk berjumpa Orlando Magic lusa. Sementara itu, Heat akan terbang ke New York untuk menghadapi Brooklyn Nets di hari yang sama.

Foto: NBA

Komentar