IBL

Legenda NBA Michael Jordan mengumumkan dirinya membuat tim balap mobil NASCAR, hari ini, 21 September waktu Amerika Serikat. Jordan kali ini menggandeng tiga kali juara Daytona 500, Denny Hamlin. Tim baru ini akan memulai turun di balapan musim 2021. Sebagai langkah awal, bintang NASCAR yang sedang naik daun bernama Bubba Wallace akan menjadi pembalap tim baru, yang belum punya nama itu.

"Tumbuh di North Carolina, orang tua saya akan membawa saya dan saudara saya menyaksikan balapan. Saya telah menjadi penggemar NASCAR sepanjang hidup saya," kata Jordan. "Kesempatan untuk memiliki tim balap saya sendiri sangat mengasyikkan bagi saya."

Menurut Jordan, balapan NASCAR juga ikut berjuang dalam memerangi isu rasisme. Tetapi sejak dulu hanya ada beberapa orang kulit hitam yang bisa memiliki tim balap. Bagi Jordan, ini waktu yang tepat untuk ikut memperjuangkan keadilan sosial melalui NASCAR. sempurna karena NASCAR terus berkembang dan semakin merangkul perubahan sosial.

"Selain komitmen dan donasi yang saya berikan untuk memerangi rasisme sistemik, saya melihat ini sebagai kesempatan untuk membuka lebih banyak peluang bagi orang kulit hitam dalam balapan," imbuh Jordan.

Michael Jordan akan menjadi pemilik utama tim baru tersebut sebagai pemegang saham mayoritas. Sementara Hamlin sebagai pemilik saham minoritas. Hamlin adalah satu-satunya pembalap NASCAR yang disponsori Jordan Brand. Hamlin masih berstatus sebagai pembalap Joe Gibbs Racing mengendarai Toyota Camry No. 11 miliknya.

"Memulai sebuah tim balap sudah saya dan Michael (Jordan) rencanakan sejak dulu. Kami selalu membicarakan hal ini saat bermain golf bersama. Namun baru kali ini kami merasa punya waktu yang tepat," kata Hamlin. "Ditambah lagi, Michael dan Bubba bisa membuat tim ini bisa mencuri perhatian lebih besar."

Baca Juga: Denny Hamlin, Satu-satunya Pembalap NASCAR Bersponsor Jordan

Dengan mendirikan tim NASCAR, Michael Jordan menjadi orang kulit hitam pertama yang memiliki tim sendiri sejak tahun 1960-an. Sebelum Jordan, ada seorang kulit hitam bernama Wendell Scott yang pernah memiliki tim, bahkan mengendarai sendiri mobilnya di tahun 1960-an hingga awal 70-an. Scott kini termasuk jajaran Hall of Fame.

Michael Jordan juga setuju untuk memilih Darrell “Bubba” Wallace Jr. sebagai pembalap di timnya. Wallace adalah satu-satunya pembalap Afrika-Amerika di NASCAR dan telah berperan besar dalam perjuangan keadilan sosial dari arena NASCAR.

Pada tahun 2018, Wallace Afrika-Amerika yang memenangkan satu seri balapan, setelah lebih dari empat dekade. Pembalap berusia 26 tahun ini memiliki total enam kemenangan dalam karier NASCAR.

"Ini adalah kesempatan unik sekali seumur hidup. Saya yakin sangat cocok untuk saya," kata Wallace. "Baik Michael dan Denny adalah orang hebat dan fokus membangun tim terbaik. Saya bersyukur bahwa Michael dan Denny percaya pada saya, dan saya sangat bersemangat untuk memulai ini bersama mereka."

Nama tim, nomor mobil, pabrikan mobil, sponsor, dan detail lainnya untuk tim baru tersebut belum diumumkan. Mereka masih punya waktu panjang sebelum balapan musim baru dimulai tahun depan. (tor)

Foto: USA Today

Komentar