IBL

Penundaan musim NBA akibat pandemi virus corona tak membuat semangat para pebasket muda untuk mengejar impian mereka bermain di NBA padam. Bahkan, di saat NCAA dan segala kompetisi basket hampi di seluruh dunia diliburkan, para pemain muda justru mengumumkan kesiapan mereka untuk mengikuti NBA Draft 2020.

Salah satu pemain muda yang baru saja mengumumkan kesiapan mereka untuk terjun di NBA Draft 2020 adalah Kenyon Martin Jr.. Jika Anda sudah mengikuti NBA sejak awal milenium baru, maka nama ini tidak akan asing di telinga Anda. Ya, Kenyon Martin Jr. adalah anak dari mantan pemain NBA yang pernah membela New Jersey Nets (sekarang Brooklyn Nets), Denver Nuggets, Los Angeles Clippers, New York Knicks, dan Milwaukee Bucks, Kenyon Martin Sr.

Kepastian turunnya Martin Jr. ke NBA Draft 2020 diumumkan oleh ESPN. Menariknya, Martin Jr. turun ke NBA Draft 2020 tanpa menggunakan jalur one and done di level NCAA atau bermain di liga di luar Amerika Serikat. Pemain yang akrab disapa KJ ini menghabiskan satu tahun terakhir di IMG Academy, sekolah basket yang memang digunakan untuk persiapan masuk ke NBA Draft.

NBA sendiri memperbolehkan cara ini sejak dua musim lalu. Pemain Portland Trail Blazers, Anfernee Simons jadi pemain pertama yang masuk ke NBA dengan cara ini. Pun sama dengan KJ, ia juga menghabiskan satu tahun setelah lulus SMA di IMG Academy.

“Saya selalu bermain basket dan itu adalah hal yang terus saya ingin lakukan,” ujar KJ dalam wawancara dengan The Undefeated satu tahun lalu. “Saya sudah melihat dari dekat para pemain NBA sejak saya kecil dan rasanya sangat menyenangkan. Pekerjaan Anda adalah bermain basket, pekerjaan Anda adalah untuk menunjukkan permainan Anda, saya rasa itu adalah yang terbaik,” imbuhnya.

Tidak ada catatan statistik yang cukup memadai untuk melihat permainan KJ. Pada November lalu, ia turun di dua gim pertandingan antara sekolah persiapan dan mencetak rataan 18,5 poin dan 10 rebound per gim. Namun, catatannya saat bermain di level SMA bisa dibilang cukup baik. Bersekolah di Sierra Canyon High School, KJ menorehkan rataan 20,4 poin, 9,4 rebound, dan 2,0 asis per gim.

Langkah KJ mengikuti NBA Draft 2020 akan sangat dinanti banyak pihak. Apalagi, Sang Ayah punya cukup nama besar. Sedikit mengingatkan, Martin Sr. adalah pemain pilihan pertama NBA Draft 2000. Selama 15 musim di NBA, Martin Sr. membukukan12,3 poin, 6,8 rebound, dan 1,9 asis per gim. Martin Sr. terkenal sebagai forwarda atletis dengan dunk-dunk menghujam. Ia terpilih di NBA All-Rookie First Team (2001) dan NBA All Star (2004). (DRMK)

Foto: The Undefeated

 

Komentar