IBL

Tidak banyak pengamat yang mengira bahwa Golden State Warriors akan hancur lebur di NBA 2019-2020. Perjalanan lima musim beruntun mereka ka final NBA membuat tak banyak pihak memprediksi hal ini. Memang benar, Warriors kehilangan Kevin Durant yang pindah ke Brooklyn Nets. Akan tetapi, fondasi utama tim ini seperti Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green masih ada dalam tim.

Memang juga, Klay belum sekalipun bermain musim ini dan tampaknya memang tak akan bermain. Cedera ACL di seri final NBA melawan Toronto Raptors memaksanya naik meja operasi dan melakukan rehabilitasi panjang. Namun, alasan utama buruknya Warriors musim ini adalah cedera lain yang diderita Curry dan Green. Secara bergantian, keduanya absen dalam waktu yang cukup lama hingga memaksa Warriors yang punya skuat seadanya pun hanya tampil semampunya.

Saat NBA memutuskan menunda semua pertandingan akibat pandemi virus corona per 11 Maret 2020 lalu, Warriors adalah tim terburuk musim ini secara keseluruhan. Tim asuhan Steve Kerr hanya meraih 15 kemenangan dari 65 gim. Warriors hanya ditemani Minnesota Timberwolves dan Cleveland Cavaliers sebagai tim yang memperoleh belasan kemenangan saja.

Fakta ini membuat Warriors berpeluang besar meraih hak memilih pertama pada NBA Draft 2020. Sistem lotre draft membuat Warriors dan dua tim terendah lainnya akan mendapat 14 persen peluang meraih hak memilih pertama NBA Draft 2020. Persentase peluang tersebut adalah yang terbesar di antara tim-tim lainnya. Jika pun tak mendapatkan peluang hak memilih pertama, besar kemungkinan Warriors masih akan berkutat di empat besar.

Menanggapi peluang tersebut, pemilik Warriors, Joe Lacob, angkat bicara. Kepada The Athletic, Joe cukup senang dengan peluang yang dimiliki timnya. Pun begitu, ia tak menutup kemungkinan untuk menggunakan hak tersebut hanya sebgai alat tukar untuk mendapatkan aset yang lebih dibutuhkan timnya.

“Kami akan melihat semua skenario yang ada. Sejujurnya, saya tidak akan menyembunyikan hal ini kepada publik, kami akan memilih pemain yang memang kami butuhkan. Mungkin saja kami menukar hak memilih pertama (jika dapat) dengan hak memilih yang lebih rendah. Saya tidak akan bilang kami lebih senang mendapatkan hak memilih lebih rendah, saya hanya berkata bahwa hal itu (pertukaran) sangat mungkin terjadi,” terangnya.

Ucapan Joe memang cukup masuk akal melihat Warriors akan kembali turun dengan skuat terbaik mereka musim depan. Klay harusnya sudah pulih di pertengahan tahun ini, Curry sudah sangat sehat, begitu pula dengan Draymond. Belum lagi mereka masih punya Andrew Wiggins dan juga pemainseperti Damion Lee dan Eric Paschall.

Melihat skuat yang mereka miliki, besar kemungkinan Warriors akan mencari senter yang memiliki gaya bermain fleksibel atau justru mencari forwarda cerdas. Curry, Klay, Wiggins, Draymond, dan satu pemain ruki yang cukup baik akan membuat tim ini cukup komplet. Namun, dengan keberadaan Draymond yang memiliki akurasi tripoin tidak cukup bagus, sangat mungkin Warriors mencari pemain tinggi dengan kemampuan tripoin mumpuni. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar