IBL

Musim 2019-2020 jadi musim paling absurd Golden State Warriors sejak mereka membangun sebuah dinasti baru di bilangan 2014 lalu. Selain secara prestasi yang menempatkan mereka jadi tim dengan rekor paling buruk di liga, catatan transaksi pemain mereka juga tak wajar.

Di musim panas lalu, Warriors dan Brooklyn Nets melakukan skema sign and trade. Warriors melepaskan Kevin Durant sementara Nets mengirimkan D’Angelo Russell. Russell memang datang dari musim cemerlangnya bersama Warriors, tapi mereka sejujurnya tak pernah butuh Russell.

Russell adalah seorang garda utama pencetak angka dan fasilitator, hal yang sudah Warriors miliki dalam tubuh Stephen Curry. Oleh sebab itu, Russell lantas ditukar ke Minnesota Timberwolves untuk mendapatkan Andrew Wiggins. Pun demikian, transaksi ini sendiri juga tak dirasa banyak pihak benar. Pasalnya, Wiggins sedang mendapatkan sorotan dari banyak pihak mengenai masa depannya.

Ekspektasi tinggi sebagai seorang pilihan pertama NBA Draft membuat tekanan ada dalam diri Wiggins. Performanya tak bisa dibilang jelek. Sejak masuk ke NBA enam musim lalu, Wiggins tak pernah mencetak rataan poin di bawah 16,9 poin. Masalah utama Wiggins adalah akurasi tripoin yang buruk yang berakibat langsung pada catatan efisiensi tembakannya (47 persen eFG% sepanjang karier).

Catatan-catatan di atas membuat banyak pihak merasa Warriors akan mencari cara untuk melepaskan Wiggins di jeda musim nanti. Namun, prediksi ini dibantah oleh The Athletic. Melalui salah satu kontributornya, Anthony Slater, Warriors tidak akan melepas Wiggins ke tim lain. Alih-alih melepas, Warriors bahkan berencana memberi kepercayaan di tempat utama untuk Wiggins musim depan.

“Silakan tanya ke semua jajaran di organisasi Warriors tentang situasi ini dan mereka akan menjawab Wiggins bertahan. Mereka memiliki ekspektasi bahwa Wiggins akan menjadi small forward utama tim musim depan. Warriors tidak akan melakukan cara yang sama untuk Russell kepada Wiggins. Ini pergerakan yang agresif tapi rasional dari Warriors,” bunyi laporan tersebut.

Jika melihat skuat yang ada, tiga fondasi utama Warriors, Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green masih ada di sana dan tak tergantikan. Dengan keberadaan tiga pemain tersebut, maka kekurangan Warriors adalah atletisme dan tusukan ke area kunci. Hal ini dimiliki oleh Wiggins. Jika laporan di atas benar adanya, maka Warriors  bisa fokus mencari satu bagian hilang mereka di NBA Draft 2020. Pilihannya mungkin adalah pemain bertubuh tinggi (di atas 210 sentimeter) dan memiliki akurasi tripoin mumpuni. Kita tunggu saja. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar