IBL

Roda berputar sangat cepat untuk Golden State Warriors. Setelah lima musim selalu lolos ke final NBA dan tiga di antaranya berujung dengan gelar juara, mereka terjun bebas tanpa penghalang musim ini. Kepergian Kevin Durant, absennya Klay Thompson satu musim penuh, dan cedera silih berganti antara Stephen Curry dan Draymond Green membuat Warriors lebih banyak diperkuat pemain cadangan mereka. Hasilnya, Warriors berada di dasar klasemen keseluruhan NBA dengan 15 kemenangan dari 65 gim.

Rekor buruk tersebut membuat Warriors tidak akan ambil bagian di kelanjutan musim yang digelar di Orlando. Musim Warriors berakhir dan mereka akan menatap musim 2020-2021 sebagai salah satu kandidat terbesar meraih hak memilih teratas di NBA Draft 2020. Mereka juga berhasil mengamankan jasa Andrew Wiggins dan sedang berupaya melakukan hal serupa ke Dragan Bender.

Semangat tinggi menyambut musim yang akan datang juga ditunjukkan oleh Kepala Pelatih Warriors, Steve Kerr. Dalam wawancara terbaru yang dilansir NBC Sports, Steve mendaku musim depan akan menjadi musim yang menarik. Ia juga menekankan kepada seluruh orang untuk mengantisipasi penampilan terbaik Draymond Green.

“Draymond telah menjalani musim yang sulit dan akhirnya ia berhasil melewati itu serta mendapatkan waktu istirahat yang cukup,” buka Steve. “Musim depan akan menjadi musim yang menarik. Dan saya rasa, kita semua akan melihat versi terbaik dari Draymond, kapanpun musim baru dimulai. Saya merasa ia sedang dalam kondisi terbaiknya baik secara fisik dan mental,” pungkasnya.

Pandangan Steve ini bisa dibilang menarik. Di usia 30 tahun, banyak penikmat NBA menilai masa keemasan Draymond telah berakhir. Bahkan, tak sedikit juga yang menilai Warriors akan menukarnya ke tim lain cepat atau lambat. Ditambah cedera yang melanda dan membuatnya tampil hanya 43 kali musim ini (penampilan terendah sepanjang kariernya), ucapan Steve benar-benar bertolak belakang.

Namun, di sisi lain, Draymond memang masih bagian penting dari Warriors. Ia bahkan bisa dibilang sebagai fasilitator utama Warriors, bukan Curry. Dua musim reguler terakhir, memang catatan statistiknya menurun cukup tajam. Akan tetapi, hal ini lebih didasari karena banyaknya opsi di tubuh Warriors (masih ada Durant).

Musim depan, Warriors akan kembali bergantung dengan Splash Brother. Dan hingga saat ini, belum terlihat ada “pelayan” yang tahu betul kemauan dua penembak jitu terbaik tersebut selain Draymond. Dan jika Warriors mendapatkan kepingan ancaman lainnya di jeda musim nanti, bukan tidak mungkin ucapan Steve akan menjadi kenyataan.

Sedikit fakta tambahan, meski dalam dua musim terakhir mengalami penurunan statistik di musim reguler, statistik playoff Draymond terus meningkat. Musim lalu, ia mengemas 13,3 poin, 10,1 rebound, dan 8,5 asis per gim dari 22 laga playoff. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

 

Komentar