IBL

Sebelum masuk ke gelaran puncak NBA Draft 2019, tim-tim NBA harus melalui lotre NBA Draft. Lotre ini adalah acara penentuan urutan memilih dari seluruh tim yang ada. Lotre ini digelar setiap tahun mulai 1985. Dalam prosesnya, hanya tim-tim yang gagal lolos ke playoff lah yang berhak mengikuti gelaran ini. Lotre ini pun hanya menentukan empat pemilih pertama. Sisanya (urutan 5-14) akan ditentukan berdasarkan rekor tim-tim tersebut di musim reguler.

Dalam prosesnya, lotre akan dilakukan menggunakan 14 bola ping-pong yang memiliki angka berurutan dari 1-14. Bola tersebut kemudian dimasukkan kepada mesin lotre yang nantinya akan mengacak bola-bola tersebut. Setelah 20 detik, salah seorang eksekutif NBA akan mengeluarkan satu bola dan ditunjukkan ke semua peserta. Hal tersebut diulang hingga empat kali dan mengeluarkan kombinasi empat angka dengan interval waktu yang berbeda, 10 detik. Kombinasi tersebut tak harus berurutan, 1-2-3-4 sama saja dengan 4-3-2-1.

Berdasarkan kesepakatan tim-tim NBA di tahun 2017, peraturan lotre NBA Draft 2019 ini mengalami perubahan. Bila di tahun sebelumnya, tim dengan rekor terburuk benar-benar mendapatkan keuntungan, kali ini keuntungan tersebut terbagi rata antara tiga tim dengan rekor terburuk di musim reguler.

Dari total 1001 kombinasi yang bisa terjadi dari deretan angka tersebut. Tiga tim dengan rekor terburuk tersebut akan mendapatkan masing-masing 140 nomor kombinasi. Tiga tim tersebut adalah New York Knicks, Cleveland Cavaliers, dan Phoenix Suns. Secara persentase, kemungkinan ketiganya mendapatkan kombinasi yang keluar adalah 14 persen.

Dalam acara lotre NBA Draft 2019 yang digelar 14 Mei 2019, waktu setempat, kejutan besar pun terjadi. New Orleans Pelicans yang tercatat hanya memiliki enam persen peluang kombinasinya terpanggil, berhasil mengejutkan seisi ruangan. Kombinasi 7-4-12-13 menjadi yang pertama kali disebut dan itu adalah kombinasi miliknya.

Hal serupa juga terjadi di pengundian untuk nomor urut dua. Memphis Grizzlies yang juga memiliki persentase hanya enam persen keluar di urutan kedua. Baru di urutan ketiga, salah satu tim dengan persentase terbesar masuk dalam daftar dengan kombinasi milik Knicks yang keluar. Di urutan keempat atau lotre terakhir, Los Angeles Lakers yang hanya memiliki peluang dua persen membuat kejutan terakhir di lotre kali ini.

Menariknya, sebelum kombinasi Lakers muncul, mesin pengacak kembali memunculkan kombinasi milik Grizzlies. Sesuai aturan, tim yang kombinasinya sudah muncul sebelumnya, tidak bisa mendapatkannya lagi. Hasil pengulangan akhirnya memunculkan kombinasi Lakers.

NBA Draft 2019 sendiri akan dimulai pada 20 Juni. Hingga di hari pemilihan nanti, spekulasi akan terus bertebaran di media-media basket dunia mengenai siapa yang akan dipilih dan transaksi-transaksi terkait.  (DRMK)

Rekap Lotre NBA Draft 2019

1. New Orleans Pelicans
2. Memphis Grizzlies
3. New York Knicks     
4. Los Angeles Lakers     
5. Cleveland Cavaliers
6. Phoenix Suns       
7. Chicago Bulls
8. Atlanta Hawks
9. Washington Wizards
10. Atlanta Hawks (Dari Dallas Mavericks)
11. Minnesota Timberwolves
12. Charlotte Hornets     
13. Miami Heat
14. Boston (Dari Sacramento Kings lewat Philadelphia 76ers)

Foto: NBA

 

Komentar