TIMNAS

Jelang malan draft yang akan digelar Kamis malam, 20 Juni 2019, waktu setempat, tim-tim NBA begereak aktif. Beberapa di antaranya melakukan transaksi pertukaran guna mendapatkan hak memilih lebih baik atau untuk melonggarkan ruang gaji guna menghadapi pasar pemain bebas yang akan segera datang.

Milwaukee Bucks-Detroit Pistons

Milwaukee Bucks yang disibukkan dengan negosisasi kontrak baru Khris Middleton melakukan pergerakan dengan menukar Tony Snell ke Detroit Pistons. Sebagai gantinya, mereka mendapatkan Jon Leuer dan hak memilih nomor 30 di NBA Draft 2019. Transaksi ini membuat Bucks kini memiliki hak memilih nomor 15 dan 30. Di sisi lain, mereka juga melonggarkan ruang gaji seiring kepergian Snell.

Golden State Warriors-Atlanta Hawks

Golden State Warriors akhirnya melakukan pergerakan setelah dalam beberapa waktu sibuk memikirkan kontrak besar untuk mempertahankan Kevin Durant dan Klay Thompson. Warriors memutuskan untuk membeli hak memilih urutan ke-41 NBA Draft 2019 milik Atlanta Hawks seharaga AS$1,3 juta dan hak  memilih putaran kedua NBA Draft 2024.

Sehari sebelumnya, Hawks juga melakukan transaksi serupa dengan Miami Heat. Bedanya, mereka melepas hak memilih nomor 44. Kini, Hawks memiliki hak memilih nomor 8, 10, 17 dan 35 di NBA Draft 2019. Sementara Warriors memiliki hak pilih di urutan 28, 41, dan 58.

Indiana Pacers-Phoenix Suns

Indiana Pacers yang terus dikabarkan memburu garda utama ternyata mengambil forwarda Phoenix Suns, T.J. Warren. Tak sendirian, Suns juga mengirimkan hak memilih nomor 32 NBA Draft 2019 kepada Pacers. Pertukaran ini membuat kedua tim sama-sama melonggarkan ruang gaji mereka. Pacers akan memiliki ruang gaji sekitar AS$31 juta sementara Suns di kisaran AS$21 juta.

Atlanta Hawks-New Orleans Pelicans

Setelah ditaksir banyak pihak, hak memilih nomor empat yang dimiliki New Orleans Pelicans dari pertukaran dengan Los Angeles Lakers akhirnya memilih jalannya. Pelicans akhirnya melepas hak tersebut kepada Hawks yang memberi ganti hak memilih nomor 8, 17, dan 35 yang mereka punya. Di sisi lain, Pelicans juga memberi tambahan Solomon Hill, hak memilih nomor 57, dan hak memilih putaran kedua di masa depan.

Hal ini dilakukan Hawks lantaran mereka ingin mengejar DeAndre Hunter di urutan keempat. Musim lalu, Hawks juga melakukan hal serupa dengan menukar hak memilih nomor lima dengan hak memilih nomor tiga milik Dallas Mavericks yang berujung kepada Trae Young. Sementara itu, pertukaran ini juga membuat Pelicans mencapai “potensi maksimal” dari pertukaran Anthony Davis. Kini, Dari transaksi Davis, Pelicans kini memiliki Lonzo Ball, Brandon Ingram, Josh Hart, hak memilih nomor 8, 17, 19 NBA Draft 2019, dan deretan hak memilih di masa depan.

Minnesota Timberwolves-Phoenix Suns

Minnesota Timberwolves yang sejak beberapa hari terakhir dikabarkan ingin mencari hak memilih lebih tinggi berujung kepada Phoenix Suns. Timberwolves menukar hak memilih nomor 11 mereka dengan hak memilih nomor enam milik Suns. Tak hanya bertukar hak, Timberwolves juga mengirimkan forwarda mereka, Dario Saric, sebagai bagian dari transaksi. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar