IBL

Setelah terus disebut-sebut sebagai calon pilihan teratas NBA Draft 2020, LaMelo Ball akhirnya secara resmi memasukkan namanya dalam daftar pada Rabu pagi, 29 April 2020, waktu setempat. Berdasarkan laporan The Athletic, pemain yang akrab disapa Melo ini masuk melalui jalur profesional dan namanya sudah dikirim ke daftar awal pemain draft untuk tim-tim NBA.

Langkah Melo ini sudah sangat diprediksi oleh banyak pihak. Selepas menggemparkan dunia basket saat masih bermain di SMA untuk Chino Hills, Melo memang sudah disebut-sebut layak masuk NBA. Keputusan yang ia ambil selepas SMA pun juga semakin menegaskan langkahnya untuk mengikuti kakak pertamanya, Lonzo Ball.

Melo tak lanjut ke bangku kuliah. Bersama kakak keduanya, LiAngelo, Melo terbang ke Lithuania dan bermain sebagai pemain profesional di sana. Tak lama berselang, ia mengambil langkah besar dengan menyebrang ke NBL Australia, bermain untuk Illawara Hawks. Dalam 12 gim berseragam Hawks, Melo membukukan 17,0 poin, 7,6 rebound, 6,8 asis, dan 1,6 steal per gim. Catatan yang lantas membawanya meraih gelar ruki terbaik NBL Australia.

(Baca juga: Ball Bersaudara Gabung Manajemen Olahraga Milik Jay-Z)

Banyak prediksi draft memperkirakan Melo akan masuk dalam jajaran tiga besar pertama NBA Draft 2020. Bahkan, tampaknya tak ada media atau pengamat yang menempatkannya di luar 10 besar. Pengalaman bermain di dua liga profesional adalah alasan utama mengapa Melo disanjung tinggi. Di sisi lain, kemampuannya sebagai fasilitator tim memang cukup baik untuk pemain seusianya.

Pun begitu, bukan berarti Melo tak memiliki kekurangan. Bahkan, bisa dibilang kekurangan Melo tampak sangat jelas. Dua masalah utamanya adalah efisiensi serangan dan kemampuan bertahan satu lawan satu. Selama di NBL, pemain berusia 18 tahun ini hanya memilki akurasi tripoin 25 persen dan akurasi keseluruhan 37,5 persen. Sementara untuk kemampuan bertahan satu lawan satunya, terpapar jelas dalam video-video pengamatan.

Jika nantinya benar terpilih masuk ke NBA utamanya di peringkat tiga besar, Melo benar-benar akan mengikuti langkah Lonzo. Pasalnya, pada NBA Draft 2017, Lonzo terpilih di urutan kedua oleh Los Angeles Lakers. Adapun Gelo (sapaan LiAngelo) masih berusaha masuk ke NBA melalui jalur NBA G League. Andai pada musim depan ketiganya benar-benar bisa menembus NBA, maka ucapan LaVar Ball sekitar tiga tahun lalu tentang ketiga anaknya akan menjadi kenyataan. (DRMK)

Foto: NBL

 

Komentar