IBL

Protes terhadap rasisme di Amerika Serikat masih berlanjut. Dipicu kematian George Floyd di tangan perwira polisi di Minneapolis. Michael Jordan dan Jordan Brand menyumbang AS$ 100 juta untuk organisasi yang berjuang memerangi rasisme.

Jordan Brand akan menyumbangkan uang tersebut secara bertahap selama 10 tahun. Ditujukan pada organisasi yang berjuang untuk kesetaraan ras, keadilan sosial, serta kepedulian terhadap pendidikan. Pernyataan tersebut ditulis dalam unggahan twitter @Jumpman23.

Sumbangan tersebut dikeluarkan setelah Michael Jordan mengeluarkan pernyataan mengenai kematian George Floyd, serta hubungannya dengan rasisme yang terjadi di Amerika Serikat. Padahal legenda Chicago Bulls tersebut dikenal jarang terlibat dalam suasana politik negaranya.

"Aku sangat sedih, benar-benar sedih dan benar-benar marah. Saya mendukung orang-orang yang menyerukan antirasisme dan kekerasan yang sudah mendarah daging terhadap orang kulit berwarna di negera ini," kata Jordan.

Dalam sebuah wawancara di Charlotte Observer, Jordan menyatakan bahwa salah satu kunci yang membawa perubahan di masyarakat adalah pendidikan.

"Menurut saya, rasisme tidak terjadi di kalangan tertentu. Ini artinya pendidikan sejak dini mengenai hal tersebut bisa mengurangi rasisme yang terjadi," ujar pemilik enam cincin juara NBA tersebut. (tor)

Foto: NBA

Komentar