IBL

Serial film dokumenter milik ESPN berjudul 'The Last Dance' berhasil memenangkan salah satu penghargaan di 72nd Annual Primetime Creative Arts Emmy Awards 2020. Film yang menceritakan tentang Michael Jordan dan Chicago Bulls tersebut meraih penghargaan sebagai Outstanding Documentary or Nonfiction Series.

Emmy Awards merupakan penghargaan untuk program televisi di Amerika Serikat, termasuk para pemeran dan pembawa acaranya. Tahun ini, penilaian dilakukan pada 14-17 September, dan diumumkan dalam upacara virtual pada 19 September, waktu setempat. Periode penilaian Emmy Awards tahun ini dimulai pada 1 Juni 2019 hingga 31 Mei 2020. Sementara, 'The Last Dance' milik ESPN masuk penilaian tahun ini karena ditayangkan mulai 19 April hingga 17 Mei 2020.

'The Last Dance'(ESPN) berhasil mengalahkan seri film dokumenter lain seperti 'American Masters' (PBS), 'Hillary' (Hulu), 'McMillion$' (HBO), dan 'Tiger King: Murder, Mayhem and Madness' (Netflix). Film 'Tiger King' disebut-sebut sebagai saingan terberat 'The Last Dance'. Film tersebut menceritakan tentang Joe Exotic dan para pecinta hewan.

Sutradara 'The Last Dance', Jason Hehir, berterima kasih kepada semua yang telah membantu pembuatan film tersebut seperti NBA, ESPN, Netflix, dan Mandalay Sports Media. Tak lupa kepada sang legenda Michael Jordan.

"Terima kasih kepada Michael Jordan sendiri karena telah memberi kami waktu, kejujuran dan keterusterangannya. Serta 105 orang lainnya yang telah duduk dan memberikan waktu serta kejujuran mereka untuk membuat cerita seperti ini. Saya harap kami membawa sedikit pencerahan dengan film tersebut," paparnya.

Kemenangan 'The Last Dance' sekaligus menjadi penghargaan Emmy pertama bagi ESPN di kategori ini. Sebelumnya, ESPN hanya masuk nominasi tiga kali. Tetapi tidak satu pun yang memenangkan penghargaan.

Awal tahun ini, Hehir mengatakan kepada Deadline bahwa Michael Jordan tertarik untuk mengikuti wawancara dokumenter panjang pertamanya. Cerita tersebut berkaitan tentang karirnya, serta status GOAT-nya.

"Bukan kebetulan, tetapi Michael Jordan memang ingin membuat dokumenter yang panjang. Sebab, di NBA sekarang sedang terjadi perdebatan mengenai siapa yang terbaik," ucapnya.

"Golden State Warriors pernah mencetak rekor kemenangan 73 kali dalam satu musim. Mengalahkan rekor Jordan dan Chicago Bulls dengan 72-10. LeBron James juga muncul sebagai tandingan Michael Jordan dengan rekor-rekor yang dicetaknya. 'Apakah LeBron sebagus Michael, apakah Michael yang terhebat, apakah ada percakapan yang bisa dilakukan sekarang?'. Itu yang harus dijelaskan."

'The Last Dance' langsung mencuri perhatian publik. Film ini awalnya akan ditayangkan pada pertengahan tahun. Namun karena pandemi virus korona, maka jadwal penayangannya dimajukan. Akhirnya justru malah membuat film tersebut disaksikan banyak orang karena sedang membutuhkan hiburan selama di rumah. Liga olahraga sendiri saat itu juga ditunda. Jadi momen 'The Last Dance' sangat tepat. (tor)

Foto: ESPN

Komentar