IBL

ESPN bekerja sama dengan Netflix akan merilis proyek film serial dokumenter Michael Jordan pada 2019. Serial berjudul “The Last Dance” itu kabarnya berdurasi total 10 jam; mengisahkan tentang perjalanan karir Jordan pada 1990-an.

Dalam siaran persnya seperti dilansir Yahoo! Sports, ESPN mengajak Jordan untuk berpartisipasi dalam pembuatan film ini. Richard Deitsch kemudian menguatkan kabar itu lewat laporan serupa di The Athletic. Katanya, sang pemain terbaik sepanjang masa itu menyatakan setuju dengan proyek ini dan mengambil bagian dalam proses pembuatan filmnya.

Jason Hehir—yang menyutradarai film dokumenter The Fab Five, The ’85 Bears, dan Andre the Giant—kembali mengerahkan kemampuannya dalam proyek film dokumenter olahraga di film ini. Ia akan dibantu Mike Tollin selaku produser dalam mengembangkan The Last Dance. Sementara film ini sendiri diperkenalkan secara resmi oleh ESPN pada Selasa, 14 Mei 2018.

Secara garis besar, The Last Dance mengisahkan perjalanan karir Michael Jordan, Chicago Bulls, dan popularitas NBA pada 1990-an. Oleh karena itu, pada film ini akan tampil beberapa sosok kunci dalam perjalanan musim juara Bulls (1991-1993 dan 1996-1998). Film ini juga akan menampilkan lebih dari 500 jam klip yang belum pernah dipublikasikan dari musim terakhir Jordan di Bulls pada 1997-1998; musim juara terakhir mereka.

Selama karirnya (Chicago Bulls dan Washington Wizards), Jordan telah merengkuh 6 gelar juara NBA, 5 gelar pemain terbaik, 6 gelar pemain terbaik final, dan 14 kali All-Star. Namun, kesuksesannya tidak hanya terjadi di lapangan; bersama Nike, Jordan merajai pasar sepatu. Sepatu-sepatu bermerek Jordan bahkan masih diburuk para penggemar dan kolektor hingga dewasa ini. Tak ayal, orang-orang juga menyebutnya sebagai pebisnis sukses yang kini memiliki klub basket sendiri—Charlotte Hornets.  

Sebagai pembuka, akun Twitter ESPN Films 30 for 30 pun merilis cuplikan The Last Dance.

Foto: NBA

Komentar