IBL

Film dokumenter "The Last Dance" menjadi sebuah karya fenomenal dari ESPN di awal tahun ini. Film tersebut menduduki puncak pertama, dan menarik perhatian penonton ketika berada di rumah karena pandemi virus korona. Kini, kisah Michael Jordan dan Chicago Bulls akan dilanjutkan kembali. Tapi bentuknya bukan film, melainkan podcast.

Audible, sebuah perusahaan buku audio dan layanan podcast, yang dimiliki oleh Amazon (AMZN) akan bekerja sama dengan NBA untuk membuat "Beyond The Last Dance". Sebuah seri podcast yang rencananya ada 10 bagian, berisi cerita dengan alur yang baru dari dinasti Bulls. Ada bagian yang dibahas di film "The Last Dance", lalu ada juga yang tidak dibahas dalam film tersebut.

Seri podcast tersebut rencannya akan mulai rilis pada 31 Agustus mendatang. Sebagai pembawa acara ada jurnalis JA Adande, yang telah meliput NBA dan Bulls selama beberapa dekade. Kemudian ditemani oleh BJ Armstrong, pemain Bulls di era 1989-1995 dan 1999-2000. Amstrong juga menjadi anggota Bull dengan tiga gelar juara NBA (1991-1993).

Setiap episode podcast tersebut berdurasi 40 menit. Menampilkan wawancara baru dengan mantan pemain, pelatih dan jurnalis, karena mereka memberikan cerita yang belum pernah diceritakan sebelumnya tentang salah satu tim paling berkesan dalam sejarah NBA.

"Saat kami terus menata kembali konten dan cerita tentang tim, pemain, dan sejarah kami. 'Beyond The Last Dance' berfungsi sebagai batu loncatan saat kami mengejar peluang baru dalam podcasting," David Denenberg, perwakilan NBA dari bidang media dan bisnis, seperti dikutip dari CNN.

"The Last Dance" penyelamat tak terduga bagi ESPN selama pandemi virus korona. Mereka juga tidak menyangka bahwa film dokumenter berseri tersebut bisa viral. Ketika jaringan olahraga tidak punya konten untuk disiarkan karena pandemi, "The Last Dance" justru mencatat rekor penayangan yang luar biasa. Bahkan hype dari film ini tidak hilang selama sepuluh episodenya, serta menjadi dokumenter yang paling banyak ditonton di ESPN.

10 episode film "The Last Dance" memiliki rata-rata penonton sebanyak 5,6 juta penonton selama penayangannya dan menjadi topik trending di Twitter selama lima hari Minggu berturut-turut.

Audible berharap bisa menangkap sebagian perhatian itu. Layanan tersebut mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan setengah harga langganan (AS$7,95 per bulan) untuk akses perpustakaan podcast mereka. (tor)

Foto: NBA

Komentar