IBL

Dallas Wings melakoni laga ke-22 mereka di lanjutan musim 2018 WNBA dengan menjamu New York Liberty di College Park Center, Arlington, Texas, Amerika Serikat, Selasa malam, 17 Juli 2018, waktu setempat. Unggul 57-44 di paruh pertama, Wings terus mempertahankan keunggulan mereka hingga akhir laga. Tim yang identik dengan warna biru dan hijau ini menutup laga dengan kemenangan 104-87.

Elizabeth “Liz” Cambage menjadi tokoh utama dalam laga ini. Pemain berkebangsaan Australia ini mencetak 53 poin, 10 rebound, dan 5 blok selama 37 menit. Jumlah poin tersebut menjadi yang tertinggi dalam sejarah WNBA. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Riquina Williams, pemain Los Angeles Sparks pada 2013 dengan 51 poin. Williams dan Cambage menjadi dua pemain WNBA yang mampu mencetak 50 poin atau lebih sejak liga ini digelar 1996 lalu. Hanya ada nama pemain Minnesota Lynx, Maya Moore yang mampu mendekati keduanya dengan mencetak 48 poin  pada 2014.

Akurasi keseluruhan Cambage mencapai 77 persen dengan total 17/22 tembakan. Untuk urusan tripoin, ia hanya gagal sekali dari lima kali tembakan. Sementara untuk lemparan gratis, dari 16 kali percobaan, pemain berusia 26 tahun itu memasukkan 15 di antaranya. Cambage menjadi pemain pertama di liga basket profesional Amerika Serikat baik putra atau putri sejak tahun 1996 yang mampu mencetak sedikitnya 50 poin, 10 rebound, dengan akurasi 75 persen. Pemain terakhir yang mampu membukukan angka serupa adalah Michael Jordan saat berhadapan dengan Pistons.

"Saya berhasil mencetak poin tinggi saat bermain di China. Saya juga mencetak poin yang tinggi di Austraalia. Saya dengar banyak orang berbicara bahwa saya tak akan mampu mencetak poin tertinggi di WNBA. Saya pikir, rekor 53 poin ini saya persembahkan untuk mereka yang meragukan saya," ujar Cambage seusai laga. 

Selain Cambage, ada tiga pemain Wings yang mampu mencetak dua digit angka. Glory Johnson dan Allisha Gray sama-sama membukukan 13 poin sementara Kayla Thornton menambahkan 10 poin dan 6 asis. Garda andalan Wings, Skylar Diggins-Smith gagal mencetak dua digit angka setelah “hanya” membukukan 9 poin dan 7 asis.

Dari kubu tamu, top skor justru datang dari bangku cadangan. Kia Nurse yang tampil selama 26 menit mencetak 25 poin dan 2 rebound dengan 4/6 tripoin. Bintang Liberty, Tina Charles mengikuti dengan 19 poin dan 6 rebound sementara Bria Hartley menambahkan 14 poin dan 5 rebound. Shavonte Zellous  melengkapi daftar pemain dengan dua digit angka dengan 10 poin dan 4 rebound.

Kemenangan ini menjadi kemenangan ke-13 Wings yang sayangnya belum merubah posisi mereka di klasemen sementara Wilayah Barat. Mereka masih bertengger di peringkat empat, di atas Minnesota Lynx dan Las Vegas Aces. Selanjutnya, Wings masih akan menjadi tuan rumah saat menjamu Washington Mystics pada Jumat, 20 Juli 2018, waktu setempat.

Foto:  SLAM

 

Komentar