IBL

Laga lanjutan Women’s National Basketball Association (WNBA) musim 2018 kembali membuat sejarah baru. Setelah beberapa waktu lalu Liz Cambage berhasil mengisi halaman utama beberapa media basket khususnya di Amerika Serikat. Kali ini giliran Suzanne Brigit Bird atau yang akrab disapa Sue Bird menjadi lakonnya.

Laga yang mempertemukan Seattle Storm melawan Atlanta Dream yang digelar di McCamish Pavillion, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Minggu malam, 22 Juli 2018, waktu setempat, Bird memainkan laga ke-500 di WNBA. Jumlah laga tersebut merupakan yang terbanyak dalam sejarah WNBA. Ia berhasil melewati raihan 499 laga milik DeLisha Milton-Jones yang terakhir bermain 2015 lalu. Hebatnya, Bird memainkan seluruh 500 laga tersebut hanya untuk Storm.

Sayangnya, dalam laga bersejarah tersebut, Bird dan Storm gagal meraih kemenangan. Mereka harus menyerah 87-74 dari tuan rumah. Pun demikian, Bird masih memberikan sumbangsih besar bagi tim. Memasuki usia 37 tahun, ia mampu menjadi top skor kedua tim dengan mencetak 12 poin dan 6 asis. Breanna Stewart masih menjadi mesin poin utama Storm dengan 31 poin dan 8 rebound. Jewell Loyd juga berhasil mencetak dua digit angka dengan 11 poin dan 3 rebound.

Dari kubu tuan rumah, ada tiga pemain yang mampu mencetak dua digit angka. Elizabeth Williams membukukan  17 poin dan 8 rebound. Tiffany Hayes menyusul dengan 16 poin, 4 rebound, dan 5 asis. Sementara pemain yang sempat berkunjung ke Pulau Bali, Angel McCoughtry menambahkan 16 poin dan 7 rebound.

Catatan sejarah ini membuat nama Bird berada di tiga nomor sejarah WNBA. Selain laga terbanyak, ia juga tercatat sebagai pencetak asis terbanyak  dengan 2.774 asis. Bird juga kembali terpilih sebagai All-Star musim ini yang akan digelar 29 Juli 2018 mendatang. Itu menjadi kali ke-11 Bird terpilih sebagai All-Star dan tak ada pemain lain yang pernah terpilih sebanyak itu.

Untuk perolehan asis, besar kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah hingga akhir musim nanti. Dari 23 laga yang ia mainkan musim ini, rata-rata asis per laga Bird adalah 7,1 asis per laga. Rata-rata tersebut bahkan lebih tinggi dari rata-rata asis Bird di sepanjang karirnya. Alumnus University of Connecticut ini juga belum memberi tanda-tanda untuk pensiun. Dalam sebuah wawancara di situs resmi WNBA, Bird mengungkapkan bermain dengan banyak pemain muda memberinya semangat dan spirit yang terus muda. Hal tersebut membuatnya belum berpikir untuk pensiun.

Foto: ESPN

 

 

Komentar