IBL

Nama Diana Taurasi sebagai legenda basket perempuan khususnya di ajang Women’s National Basketball Association (WNBA) semakin harum. Setelah mencatatkan nama sebagai pemain profesional perempuan pertama yang mencetak 1000 tripoin di laga pembuka WNBA, 19 Mei 2018 lalu, ia kembali menorehkan rekor baru Selasa malam, 8 Juni 2018 waktu setempat.

Dalam lanjutan laga WNBA yang mempertemukan tim yang diperkuat Taurasi, Phoenix Mercury, melawan New York Liberty, ia mencatatkan poin ke-8000 sepanjang karirnya. Ia menjadi pemain WNBA pertama yang mencapai angka tersebut.

Taurasi yang berstatus sebagai top skor sepanjang masa WNBA, memulai laga dengan 7997 poin. Saat kuarter pertama tersisa 5:10, ia dilanggar ketika melakukan layup. Layup tersebut masuk dan Taurasi mendapatkan satu lemparan gratis. Taurasi memasukkan lemparan tersebut dan melengkapi 8000 poinnya.

Rekor tersebut semakin sempurna setelah Mercury berhasil memenangi laga. Meski berstatus tamu di hadapan 7 ribu lebih penonton yang hadir di Westchester County Center, White Plains, New York Amerika Serikat, Mercury berhasil menumbangkan Liberty, 80-74. Brittney Griner keluar sebagai top skor pertandingan dengan 26 poin dan 6 rebound. Taurasi menutup laga dengan 21 poin dan 8 rebound sementara DeWanna Bonner menambahkan 18 poin dan 3 rebound. Dari kubu tuan rumah, Tina Charles memimpin dengan 25 poin dan 8 rebound.

Dengan 21 poin, Taurasi mengakhir laga dengan mencetak 8018 poin. Meski begitu, perempuan 35 tahun tersebut tetap membumi. Dalam wawancara dengan ESPN seusai laga, Taurasi berkelakar bahwa rekor hanyalah rekor dan pasti akan terpecahkan suatu saat. “Seseorang akan datang suatu saat, ia akan bermain dan memecahkan rekor tersebut. Akan tetapi, saya harus akui ini adalah angka yang luar biasa bagi saya.”

Raihan rekor baru ini seolah melengkapi segala torehan Taurasi di dunia basket. Selama 14 musim berkarir di WNBA, ia telah memenangkan 3 gelar juara, 2 kali final MVP, 5 kali top skor, dan 8 kali terpilih sebagai All-Star. Bersama tim nasional Amerika Serikat, Taurasi juga sudah meraih 4 medali emas Olimpiade dan 2 emas Piala Dunia.

Foto: WNBA

Komentar