IBL

Los Angeles Sparks melakoni laga ke-28 dengan menjamu Phoenix Mercury dalam lanjutan Women’s National Basketball Association (WNBA) musim 2018, Minggu malam, 5 Agustus 2018, waktu setempat. Laga yang dihelat di kandang Sparks, Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, dipadati 19 ribu lebih penonton. Selalu dalam posisi unggul selepas kuarter pertama, Sparks berhasil menahan gempuran Mercury dan menutupnya dengan kemenangan 78-75.

Bintang sekaligus kapten Sparks, Candace Parker, mendapatkan sorotan lebih pada laga ini. Sebelum laga dimulai, Parker sudah mencetak 4996 poin sepanjang karirnya. Ia hanya butuh empat poin untuk menjadi pemain ke-20 di sejarah WNBA yang mampu mencetak 5000 poin. Kuarter kedua tersisa 5:14, Parker berhasil melepaskan lemparan gratis (free throw) yang membuatnya berhasil menyentuh torehan tersebut.

Ibu satu orang anak ini menutup laga dengan torehan nyaris tripel-dobel 14 poin, 14 rebound, dan 8 asis. Torehan tersebut dianggap luar biasa mengingat hanya ada delapan tripel-dobel yang pernah terjadi di WNBA. Parker sendiri menjadi lakon di satu dari delapan tripel dobel tersebut. Legenda WNBA, Sheryl Swoopes menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah yang mampu mencetak dua tripel-dobel.

Selain Parker, ada dua pemain Sparks lainnya yang mampu mencetak dua digit angka. Chelsea Gray menjadi top skor di pertandingan ini dengan 24 poin dan 5 rebound. Nneka Ogwumike menyusul kemudian dengan catatan 14 poin dan 7 rebound. Ketiganya juga menjadi top skor keseluruhan tim sepanjang musim ini dengan urutan Parker (18,3 poin), Ogwumike (16,0 poin), dan Gray (14,6 poin).

Dari kubu tamu, senter andalan mereka, Brittney Griner menjadi top skor setelah membukukan 22 poin dan 4 rebound. DeWanna Bonner nyaris dobel-dobel dengan 20 poin dan 9 rebound. Sementara top skor sepanjang masa WNBA, Diana Taurasi, menyusul dengan 11 poin dan 4 rebound.

Kemenangan ini membuat Sparks makin kokoh di peringkat kedua klasemen sementara Wilayah Barat dengan 17 kemenangan. Sementara Mercury bertengger satu peringkat di bawahnya dengan 16 kemenangan. Musim reguler WNBA akan berakhir di 20 Agustus 2018, waktu setempat. Setelahnya, WNBA yang diikuti 12 tim akan memasuki babak playoff. Berbeda dengan NBA, di babak playoff tidak ada lagi pembagian wilayah. Nantinya, kedua wilayah akan dilebur dan diurutkan berdasarkan jumlah kemenangan mereka. Delapan tim dengan kemenangan terbanyak akan lolos ke playoff.

 

Foto: Tony @tokutji

Komentar