IBL

Phoenix Mercury melaju ke final WNBA usia menumbangkan Las Vegas Aces di gim 5 dengan skor 87-84, Jumat, 8 Oktober, 2021, waktu setempat. Hasil ini membuat Mercury menang (3-2) dan akan menghadapi Chicago Sky di final.

Gim sendiri berlangsung sangat ketat. Bahkan, Mercury harus menunggu sampai lima detik akhir sebelum bernapas lega. Di sisa 4,8 detik, Aces mendapatkan kesempatan inbound dengan skor tertinggal 85-84. Sebuah field goal akan membuat mereka mengubah peruntungan.

Namun, Mercury jauh lebih siap menghadapi inbound ini. Mereka melakukan tukar jaga dengan baik hingga memaksa Chelsea Gray harus memberi umpan kepada A'Ja Wilson yang dikepung dua pemain di elbow kiri. Dengan waktu yang tak banyak, Wilson langsung berputar dan berupaya melakukan layup.

Sayangnya, satu dari dua orang yang mengepungnya adalah Britney Griner, salah satu paint protector terbaik di WNBA. Brittney mengikuti langkah Wilson dengan tepat sebelum melakukan blok dan mengambil bola rebound. Aces melakukan foul tapi waktu hanya tersisa 0,7 detik. Dua tembakan gratis masuk dari Brittney membawa Mercury ke final.

Blok krusial tersebut adalah blok satu-satunya Brittney di gim ini. Pun begitu, ia tetap solid dengan menjadi top skor gim melalui 28 poin dan 9 rebound. Diana Taurasi mengikuti dengan 24 poin. Shey Peddy menambahkan 15 poin, 5 rebound, dan 3 steal sedangkan Skylar Diggins-Smith mencetak 14 poin plus 8 asis.

Ini akan jadi perjalanan kelima Mercury ke final. Sebelumnya, dalam empat perjalanan, mereka juara tiga kali. Juara terakhir mereka terjadi pada 2014 dan lawan mereka kala itu adalah Sky juga.

Untuk Sky sendiri, ini akan jadi final kedua mereka. Namun, secara skuat, Sky sekarang cukup tangguh. Ada nama Candace Parker yang akan menemani Courtney Vandersloot, Azura Stevens, dan Allie Quigley. Baik Sky dan Mercury bukanlah tim unggulan utama di playoff kali ini. 

Final akan dimulai pada Senin, 11 Oktober 2021, waktu Indonesia. (DRMK)

Foto: WNBA

Komentar