IBL

Rasanya selalu menarik memperhatikan klasemen Wilayah Barat selama seeding-game di lanjutan NBA beberapa minggu terakhir. Karena selalu terjadi kejutan, dan belum bisa dipastikan siapa yang masuk playoff pada akhirnya. Seperti hari ini, Jumat, 7 Agustus 2020 waktu Amerika Serikat, Memphis Grizzlies bangkit setelah menderita empat kekalahn beruntun, begitu pula San Antonio Spurs yang makin mengancam posisi Grizzlies. Di sisi lain, Sacramento Kings yang sempat meraih hasil positif, hari ini kalah dari Nets.

San Antonio Spurs 119-111 Utah Jazz

Spurs kini mencetak rekor 3-2 di gim penyemaian lanjutan NBA, setelah mereka menundukkan Jazz. Spurs bermain dengan gaya yang berbeda kali ini. Mereka menguasai area lubang kunci dengan baik. Spurs mencetak 64 poin dari area tersebut, serta mengumpulkan 47 rebound dan 27 asis.

Derrick White mencetak 24 poin untuk Spurs. Jacob Poetl menambahkan 19 poin dan 10 rebound. Disusul Rudy Gay (14 poin), Lonnie Walker IV (14 rebound), DeMar DeRozan (13 poin), dan Dejonte Murray (11 poin).

Sebaliknya, di kubu Jazz poin terbanyak disumbangkan oleh Jordan Clarkson dengan 24 poin. Tony Bradley mencetak dobel-dobel dengan torehan 15 poin dan 11 rebound. Miye Oni menyumbang 14 poin, diikuti Emmanuel Mudiay (14 poin), dan Joe Ingles (12 poin).

Kemenangan Spurs ini membuat rekor mereka menjadi 30-38. Persaingan antara Spurs, Phoenix Suns, dan Portland Trail Blazers makin panas.

Memphis Grizzlies 121-92 Oklahoma City Thunder

Performa Thunder di laga terakhir memukau penggemar, terutama saat mereka menang dari Los Angeles Lakers, dua hari lalu. Tetapi hari ini, mereka kalah dari Memphis Grizzlies yang sedang berjuang mempertahankan peringkat delapan klasemen Wilayah Barat.

Grizzlies memang terancam, apalagi setelah mereka belum pernah menang sejak lanjutan liga dimulai (0-4). Namun, mental bertanding yang baik membuat Grizzlies akhirnya menemukan kemenangan dengan menundukkan Thunder.

Dillon Brooks mencetak 22 poin untuk Grizzlies. Sedangkan dua rekannya, Jonas Valanciunas dan Ja Morant sama-sama menyumbang 19 poin. Bradon Clarke dan Gorgui Dieng masing-masing mencetak 12 poin, dan Grayson Allen selesai dengan 11 poin.

Akurasi tembakan Thunder bermasalah hari ini. Mereka hanya mencetak 35 persen (34 dari 97 percobaan). Itu sudah termasuk 13 tripoin dari 43 percobaan. Poin terbanyak disumbangkan oleh Chris Paul dengan torehan 17 poin, disusul Luguentz Dort (16 poin), Danilo Gallinari (12 poin), Darius Bazley (12 poin), Nerlens Noel (11 poin), dan Shai Gilgeous-Alexander (10 poin).

Brooklyn Nets 119-106 Sacramento Kings

Nets itu ibarat "kuda hitam" di lanjutan NBA. Sebab, mereka bermain tanpa bintang yang sudah membawa timnya berada di zona playoff, seperti Kyrie Irving dan Spencer Dinwiddie. Tetapi justru para pemain lapis kedua mampu mempertahankan posisi mereka tetap di zona playoff. Seperti hari ini, Nets menang 119-106, yang membuat mereka mengamankan tiket playoff.

Nets kini punya rekor 33 kemenangan. Sementara Orlando Magic di bawahnya dengan 32 kemenangan. Sedangkan di peringkat sembilan, Washington Wizards tampaknya butuh keajaiban untuk menyusul Magic. Wizards masih mengumpulkan 24 kemenangan, dan sudah empat kali kalah di "gelembung" NBA.

Di gim tersebut, Caris LeVert mencetak 22 poin, dan Joe Harris menambahkan 21 poin. Tetapi performa menawan ditunjukkan Jarret Allen yang sukses mencetak 17 poin, 11 rebound, dan melengkapinya dengan delapan asis. Chris Chiozza dan Tyler Johnson sama-sama menyumbang 14 poin, serta Garrett Temple sukses mencetak 12 poin.

Sementara di tim Kings, Bogdan Bogdanovic mencetak 27 poin, lalu De'Aaron Fox menyumbang 21 poin. Buddy Hield kembali bermain dan mencetak 17 poin, disusul Harrison Barnes dengan sumbangan 16 poin. Kings kembali turun ke peringkat 13 klasemen Wilayah Barat. Padahal, sehari sebelumnya mereka bisa menang dari New Orleans Pelicans. (tor)

Foto: NBA

Komentar