IBL

Portland Trail Blazers bertemu tim papan atas klasemen sementara Wilayah Barat, Denver Nuggets, Kamis, 6 Agustus 2020, waktu setempat. Damian Lillard tampil trengginas dengan mencetak dobel-dobel 45 poin, 4 rebound, dan 12 asis untuk mengantarkan Blazers yang nyaris unggul sepanjang laga menang 125-115.

Lillard memasukkan 11/18 dari tripoin (61 persen) dan 13/21 (62 persen) secara keseluruhan. Ya, angka tersebut menunjukkan bahwa Lillard hanya mencoba tiga tembakan bukan tripoin di gim ini dan dua di antaranya masuk. Delapan poin lainnya di statistik Lillard datang dari tembakan gratis yang mana ia mendaptakan 10 kali kesempatan.

Di belakang Lillard, Gary Trent Jr. yang menjadi andalan baru Blazers di “gelembung” NBA tampil solid dengan 27 poin dan 4 asis selama 36 menit dari bangku cadangan. Trent juga sangat efektif dengan akurasi 67 persen (10/15). Jusuf Nurkic menyusul dengan 22 poin, 7 rebound, dan 4 asis, sedangkan C.J. McCollum 13 poin, 6 rebound, dan 6 asis.

Hasil ini membuat Blazers semakin mengancam posisi Memphis Grizzlies di peringkat delapan klasemen sementara Wilayah Barat. Keduanya sama-sama meraih 32 kemenangan. Akan tetapi, Blazers sudah bermain 70 kali sedangkan Grizzlies satu gim lebih sedikit.

Untuk Nuggets, kekalahan ini tak mengubah posisi mereka di klasemen. Akan tetapi, rekor mereka di “gelembung” berubah menjadi dua kali menang dan dua kali kalah. Menariknya, ruki, Michael Porter Jr. kembali jadi top skor tim kali ini dengan dobel-dobel 27 poin dan 12 rebound selama 34 menit. Pemain yang akrab dengan sapaan MPJ tersebut memasukan 10/18 tembakan keseluruhan (56 persen) dan 4/7 dari luar garis busur (57 persen). Pemain terdekat dengan MPJ adalah Jerami Grant dengan 18 poin.

Blazers dan Nuggets akan kembali bermain lusa, waktu setempat. Blazers bertemu Los Angeles Clippers sementara Nuggets jumpa Utah Jazz.

Clippers Atasi Mavericks

Di gim sebelumnya, Los Angeles Clippers jumpa Dallas Mavericks. Gim yang bisa dibilang sebagai gambaran partai playoff nanti ini berlangsung sengit. Meski Clippers selalu menutup tiap kuarter dengan posisi unggul, keunggulan nyata mereka baru terlihat di kuarter akhir. Clippers yang unggul secara akurasi menutup gim dengan kemenangan 126-111.

Clippers memasukkan 50/92 tembakan mereka (54 persen) berbanding hanya 45 persen dari Mavericks yang melepaskan 87 percobaan. Mavericks yang cukup bergantung dengan tripoin juga gagal menemukan akurasi mereka. Dari 48 percobaan, hanya masuk 17 (35 persen) sedangkan Clippers dengan volume yang lebih kecil berhasil memasukkan 45 persen tripoin mereka (14/31).

Kawhi Leonard jadi top skor tim dengan 29 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Paul George menyusul dengan 24 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Ivica Zubac dobel-dobel 21 poin dan 15 rebound. Zubac sempurna secara tembakan usai seluruh 10 tembakannya menemui sasaran.  Marcus Morris menambahkan 16 poin plus 5 rebound. Dari Mavericks, Kristaps Porzingis top skor gim dengan 30 poin, 9 rebound, dan 5 asis sementara Luka Doncic 29 poin dan 6 asis selama 35 menit.

Melihat peta persaingan Wilayah Barat, besar kemungkinan kedua tim ini memang akan saling jumpa di putaran pertama playoff. Pun demikian, tekanan dalam gim musim reguler (apalagi sudah pasti lolos ke playoff) dengan gim playoff sendiri pasti akan sangat berbeda.

Clippers akan jumpa Blazers di gim selanjutnya, Sabtu, 8 Agustus 2020, waktu setempat. Di hari yang sama, Mavericks melawan Milwaukee Bucks. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar